Breaking News

Kemendagri Dorong Pemkot Malang Percepat Realisasi APBD 2024 dan Penanganan Inflasi

0
×

Kemendagri Dorong Pemkot Malang Percepat Realisasi APBD 2024 dan Penanganan Inflasi

Share this article
Kemendagri Dorong Pemkot Malang Percepat Realisasi APBD 2024 dan Penanganan Inflasi
JAKARTA – pantau24jam.com. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Malang untuk mempercepat penyerapan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran (TA) 2024 serta mengatasi masalah inflasi.

Pelaksana Harian Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kemendagri, Horas Maurits Panjaitan, menyampaikan hal ini dalam acara Focus Group Discussion (FGD) di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu, 12/6/2/24.

banner 325x300

FGD tersebut bertujuan untuk koordinasi dan konsultasi mengenai optimalisasi pengelolaan keuangan daerah.

Maurits menegaskan pentingnya Pemda untuk mengoptimalkan realisasi anggaran sejak awal tahun guna memberikan dampak positif langsung kepada masyarakat.

“Penggunaan anggaran yang efektif tidak hanya mempercepat pembangunan tetapi juga meningkatkan daya saing daerah dan menarik investasi,” ujarnya.

Untuk mencapai hal tersebut, Maurits menggarisbawahi beberapa strategi yang dapat dilakukan oleh Pemda, antara lain pengadaan dini setelah kesepakatan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS).

Selain itu, pentingnya p.comapan pejabat pengelola keuangan daerah dan implementasi APBD di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Satuan Kerja Pengelola Keuangan Daerah (SKPKD) sesuai dengan tahun anggaran yang berlaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *