Merasakan Gempa Garut 10 Detik, Warga Cianjur yang Masih Trauma Berhaburan Keluar Rumah

Merasakan Gempa Garut 10 Detik, Warga Cianjur yang Masih Trauma Berhaburan Keluar Rumah

Pantau24jam.com- Warga Cianjur juga merasakan gempa bumi magnitudo 6,4 yang terpusat di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (3/12/2022).

Bacaan Lainnya

Warga yang masih trauma dengan Gempa M 5,6 Cianjur itu kembali berhamburan keluar dari dalam rumah dan perkantoran menuju lapangan terbuka. Mereka merasakan gempa sekitar 10 detik.

Koordinator Lapangan Tanggap Darurat Bencana PMI Cianjur, Fajar Aciana, mengatakan getaran gempa cukup keras terasa meski pusat gempa terjadi di Kabupaten Garut. Saat itu puluhan relawan yang sedang bertugas melakukan pendataan dan pelayanan kesehatan di Markas PMI Cianjur, berhamburan keluar.

“Gempa Garut cukup kencang dirasakan terlebih mereka yang berada di dalam ruangan, langsung berhamburan keluar ruangan, kami pikir gempa susulan kembali terjadi dengan lokasi Cianjur,” kata dia.

Baca Juga:
Gempa Garut M 6.4, BMKG: Hati-Hati Gempa Bumi Susulan

Fajar kemudian langsung berkoordinasi dengan posko terpusat Pemkab Cianjur, terkait dampak gempa yang dirasakan sekitar 10 detik itu. PMI juga masih menangani dampak gempa yang terjadi.

“Kami masih melakukan koordinasi dan mengirim relawan ke lapangan untuk melakukan pendataan, semoga gempa Garut ini, tidak membuat warga Cianjur bertambah trauma,” katanya.

Selain itu sejumalh awak media yang sedang menunggu konperensi pers di Pendopo Cianjur, juga ikut berhamburan keluar dari area pendopo setelah merasakan guncangan.

“Sudah pasti panik, Kang, karena gempa susulan yang kami pikir terpusat di Cianjur, kembali mengguncang. Gempa M 5.6 yang mengguncang Cianjur dua pekan lalu masih menyisakan trauma bagi kami dan warga Cianjur,” kata Ikbal Selamet, salah seorang pewarta.

Berdasarkan informasi BMKG gempa berkekuatan magnitudo 6,4 dengan lokasi 7.51 lintang selatan, 107.52 bujur timur atau 52 kilometer Barat Daya berpusat di Kabupaten Garut. Gempa tersebut dengan ke dalaman 118 kilometer, tidak berdampak tsunami, sehingga warga diimbau agar tetap waspada.

Baca Juga:
Garut Diguncang Gempa Magnitudo 6,4

Pos terkait