Selama Tahun 2021, Kejari Medan Pindahkan 2.592 Tahanan ke Rutan dan Lapas

Ket Foto : Kejari Medan Pindahkan Para Tahanan ke Rutan Tanjung Gusta Medan.

Pantau24jam.com – Bidang Tindak Pidana Umum (Pidum) Kejaksaan Negeri (Kejari) Medan kembali melakukan pemindahan 227 tahanan titipan dari Rumah Tahanan sementara Polrestabes Medan dan sejumlah Polsek ke Rutan Tanjung Gusta Medan, Lapas Khusus Anak dan Rutan Wanita Medan pada Senin, 06 Desember 2021.

Bacaan Lainnya

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Medan, Teuku Rahmatsyah SH MH melalui Kasi Intel Bondan Subrata SH mengatakan sebanyak 227 tahanan yang terdiri dari tahanan laki laki sebanyak 190 orang, tahanan perempuan sebanyak 26 orang dan tahanan anak-anak sebanyak 11 orang telah dipindahkan ke Rutan Tanjung Gusta Medan, Lapas Khusus Anak dan Rutan Wanita Medan.

“Dimana sebelum dipindahkan, para tahanan terlebih dahulu dilakukan test rapid antigen Covid-19 oleh dokter dan perawat dengan disaksikan oleh pihak Rutan Medan. Dari hasil rapid test diketahui bahwa para tahanan tersebut negatif Covid-19, sehingga dapat diproses untuk pemindahan,” ujar Bondan Subrata didampingi Kasi Pidum Kejari Medan Riachad Sihombing, Selasa, 07 Desember 2021.

Dikatakan Bondan, proses pemindahan dilakukan oleh para pengawal tahanan Kejari Medan dan dibantu dari kepolisian Polrestabes Medan, berlangsung lancar mulai dari sore hari hingga malam hari, mengingat banyaknya tahanan serta menjaga protokol kesehatan dalam pengantaran sejumlah tahanan yang terdiri dari beberapa trip pengantaran. 

“Selama tahun 2021, Kejari Medan sudah melakukan pemindahan sebanyak 2.592 orang tahanan yang tersebar dan dititipkan di RTP Polda Sumatera Utara, RTP Polrestabes Medan, dan sejumlah Rutan Polsek,” sebut Bondan.

Tahanan yang dipindahkan tersebut, sambung Bondan, merupakan tahanan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang masih dalam proses pelimpahan ke Pengadilan, dan Tahanan Hakim Pengadilan Negeri Medan yang masih dalam proses persidangan. 

“Selama ini Tim Pidum telah bekerja keras siang dan malam serta tidak mengenal hari libur, dimana biasanya pemindahan tahanan dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu dalam melakukan pemindahan tahanan ke Rutan maupun LP, sehingga selama Tahun 2021 kami sudah memindahkan total 2.592 orang tahanan,” pungkasnya. (MC/DAF)

Pos terkait