Kolombia Peringati Perjanjian Perdamaian dengan FARC

  • Whatsapp
Kolombia Peringati Perjanjian Perdamaian dengan FARC


Sekjen PBB Antonio Guterres bertemu dengan Presiden Kolombia Iván Duque di Bogota hari Rabu (24/11) untuk memperingati lima tahun perjanjian perdamaian dengan bekas gerilyawan pemberontak FARC.

Di kediaman presiden, Casa de Nariño, Guterres mengatakan proses perdamaian itu merupakan “peluang bersejarah” bagi para korban konflik yang berlangsung selama lima dekade.

Read More

“Lakukan itu bagi korban, yang harus menjadi pusat kebenaran, keadilan, ganti rugi dan proses yang tidak berulang,” kata Guterres.

Duque mengatakan kelompok-kelompok sempalan dari Pasukan Bersenjata Revolusioner Kolombia (FARC), yang meletakkan senjata pada tahun 2016, sejak itu dianggap sebagai “organisasi teroris.”

Konflik  antara pemerintah Kolombia dan FARC dimulai pada tahun 1960-an sebagai pemberontakan terkait hak-hak atas tanah yang menyebabkan sekitar 220 ribu orang tewas dan jutaan lainnya mengungsi.

Berakhirnya perang saudara itu mengubah bekas gerakan gerilyawan itu membaur ke kehidupan masyarakat biasa, dengan FARC berubah menjadi partai politik yang disebut Comunes. [uh/ab]

 

 

 

Related posts