Kepala Kantor Kementerian Agama Teken MOU Dengan Kepala RUTAN Klas II B Jeneponto

  • Whatsapp

JENEPONTO – pantau24jam.com. Guna meningkatkan peran dan fungsi serta sinergitas, Kementerian Agama kab. Jeneponto mencoba menjalin kerjasama yang lebih efesien dengan pihak Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Jeneponto. Selasa, (19/10/ 2021)

Setelah memperhatikan para penyuluh Agama Islam (PAI) baik yang fungsional maupun non PNS yang berada di Kec. Binamu, selama ini telah keluar masuk melakukan pengajian dan pembinaan keagamaan di Rutan dan menjadi salah satu Binaan dari PAI.

Dengan dasar inilah sehingga Kepala Kantor melalui Seksi Bimas Islam dan Kelompok Kerja Penyuluh berinisiasi untuk melakukan MOU.

Meski sudah kali kedua direncanakan namun selalu tertunda karena kegiatan sangat padat, dan terwujud. H.Saharuddin Kepala Kantor Kemenag bersama Kasi Bimas Islam H Baharuddin M mendampingi untuk teken kerjasama ( MOU ) antara Kementerian Agama dan Kepala Rutan Klas II B Jeneponto Hendrik.

“Ruang lingkup MOU ini adalah pembinaan keagamaan dan kerja sosial pada rutan negara klas II B Jeneponto antara lain Penyuluhan Keagamaan, Pembinaan Mental kepribadian Pembinaan Hafidz bagi warga binaan yang telah dipilih dan baca tulis Al Qur’an”, ujar Kepala Kantor Kemenag Jeneponto H.Saharuddin. Senin, 26/10/ 2021.

Kepala Rutan Negara Klas II B Jeneponto Hendrik dalam sambutan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada Kemenag yang selama ini selalu melakukan pembinaan melalui penyuluhnya, warga binaan yang telah terpilih akan dibimbing khusus untuk menjadikan hafiz qur’an dan akan ditempatkan pada kamar khusus.

“Selama ini para penyuluh sangat membantu kami dalam mewujudkan warga binaan rutan menjadi lebih baik kedepannya, karena kurang lebih satu tahun masa pandemi covid 19 sehingga volume kegiatan pembinaan ini agak berkurang, jadi harapan kami kedepannya karena pandemi covid 19 makin berkurang maka penyuluhan kedepannya lebih aktif lagi apalagi sudahmiki menandatangani kerjasama (MOU) ini”, jelas Hendrik.

“Suatu inisiasi yang cemerlang dilakukan Pokjaluh, kami Kankemenag dengan adanya MOU ini bukan saja Penyuluh yang siap Masuk Rutan ini akan tetapi Kasi Bimas Islam adalah penceramah dan ASN yang ada dilingkup sewaktu waktu bisa dipanggil memberikan penyuluhan atau pencerahan kepada warga binaan Rutan Klas II B Jeneponto”, tandas Saharuddin.

Sambung H.Saharuddin Mengajak kepada kebaikan tidak ditentukan oleh waktu dan tempat dimanapun dan kepada siapapun, karena wajib hukumnya mengajak kepada yang Ma’rup (Kebaikan) dan melarang yang Mungkar ( Nahi Mungkar), semoga MOU ini dapat lebih dikembangkan lagi dan tidak hanya batas 2 tahun akan tetapi berlangsung secara terus menerus.

Penandatanganan MOU ini dihadiri oleh Kepala Rutan dan pejabat struktural dan fungsional, warga binaan dan Kakankemenag, Kasi Bimas Islam , Penyelenggara zakat dan Wakaf, Ketua Pokjaluh dan anggotanya serta insan pers.

Fhr

Related posts