Bupati Taput Hadiri Audiensi Dewan Pengurus Apkasi dengan Ketua BPK RI


Ket Foto : Bupati Tapanuli Utara (Taput) Drs. Nikson Nababan M.Si menghadiri Audiensi Dewan Pengurus Apkasi Dengan Ketua BPK RI Agung Firman Sampurna, Jakarta, Senin, (18/10/2021).

Pantau24jam.com – Bupati Tapanuli Utara (Taput) Drs. Nikson Nababan M.Si menghadiri Audiensi Dewan Pengurus Apkasi Dengan Ketua BPK RI Agung Firman Sampurna, Jakarta, Senin, (18/10/2021).

Bupati Taput dalam pemaparannya tentang permasalahan kebijakan pengelolaan keuangan daerah Kabupaten Tapanuli Utara menjabarkan beberapa hal antara lain, peraturan peraturan perundang-undangan khususnya di bidang penganggaran banyak yang belum dapat dijabarkan baik ke dalam Perda maupun Perbup dikarenakan terdapat aturan-aturan diatasnya yang sering bertentangan satu sama lain. 

Bacaan Lainnya

“Pemda Taput kesulitan dalam  melibatkan partisipasi masyarakat, misalnya, tokoh masyarakat, LSM, media massa, perguruan tinggi; baik dalam proses perumusan kebijakan maupun dalam perencanaan anggaran, demikian juga dengan masalah transparansi. Hal ini pun terjadi terutama karena kelemahan dalam peraturan perundang-undangan, seperti ketidakjelasan pengertian partisipasi masyarakat dan transparansi itu sendiri, belum diaturnya hak-hak masyarakat yang harus dipenuhi oleh Pemda dan kewajiban Pemda untuk memberikan informasi, dan jenis-jenis informasinya, tidak jelas batasannya. Di lain pihak, masyarakat pun masih lemah dalam memahami sistem pengelolaan keuangan daerah,” ujar Bupati mengawali paparannya.

“Berkaitan dengan perencanaan anggaran dan pembangunan daerah, apapun model yang digunakan untuk menjaring aspirasi masyarakat guna mengisi program-program dan kegiatan-kegiatan dalam perencanaan anggaran daerah pada akhirnya tetap tidak akan efektif dan sesuai dengan kepentingan masyarakat, karena tidak ada dasar hukum yang dapat memaksa pemerintah daerah untuk ber transparansi dan melibatkan partisipasi masyarakat. Akibatnya, usulan-usulan kegiatan masih tetap didominasi oleh aspirasi pemerintah sementara kepentingan pembangunan adalah untuk membantu masyarakat,” ujar Bupati menambahi paparannya.

Sebagai penutup Bupati Taput menjelaskan Permasalahan lain dalam perumusan kebijakan dan perencanaan anggaran adalah koordinasi antara pemda dengan pemda lainnya maupun dengan pusat dan stakeholder lainnya di daerah. Kelemahan koordinasi antara lain juga disebabkan oleh kelemahan perundang-undangan yang ada.

Ketua Umum APKASI Sutan Riska Tuanku Kerajaan, SE yang juga sebagai Bupati Dharmayasa membahas beberapa hal dalam pemaparannya antara lain, permasalahan Covid-19 dimana Pemda harus melakukan refocusing dan realisasi anggaran yang digunakan untuk penanganan dampak kesehatan, dampak pengamanan jaring sosial dan dampak ekonomi. Dalam perjalanannya pemerintah daerah melakukan beberapa kali pergeseran anggaran untuk penanganan Covid-19, yang mana pada perencanaan penganggaran sebelumnya adalah untuk perbaikan pembangunan di wilayah masing-masing. 

Selain itu, Ketua Umum APKASI berharap adanya penambahan Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) sebagai motor penggerak Ekonomi Daerah dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Dalam permasalahan audit, selama pandemi Covid-19 terjadi lonjakan harga barang dan jasa terutama untuk alat kesehatan, alat pelindung diri dan barang penunjang lainnya diluar harga perkiraan sendiri (HPS) atau di atas HPS yang telah ditetapkan Pemerintah Daerah.

Pemda kesulitan saat menghadapi audit karena perubahan HPS secara cepat sementara alat-alat tersebut harus segera disediakan, maka dari Pemda mengharapkan agar audit lebih dilonggarkan dalam pengadaan barang penanganan Covid-19.

Dalam pelaksanaan OSS-RBA harapan seluruh Pimpinan Perangkat Daerah agar sistem OSS yang masih masih berubah-ubah dan menyulitkan bagi pelaku usaha khususnya yang masih terbatas pemahamannya agar Pemerintah menyediakan panduan yang lebih lengkap berupa video tutorial dan penyempurnaan sistem maupun aplikasi agar dapat dimaksimalkan oleh masyarakat terutama pelaku UMKM. (MC/DN)

Pos terkait