Warga La Palma Diijinkan Kembali ke Rumah

  • Whatsapp
Warga La Palma Diijinkan Kembali ke Rumah


Kepala Canary Island Volcanic Emergency Plan, Miguel Angel Morcuende, pada Minggu (26/9) mengatakan warga di Pulau La Palma, Kepulauan Canary, Spanyol, kini diijinkan kembali ke rumah mereka.

Morcuende mengatakan kepada wartawan di La Palma bahwa sejumlah pusat pendidikan akan tetap ditutup Senin ini (27/9) untuk “menghindari masalah” karena ledakan gunung berapi di La Palma “dapat memecahkan kaca-kaca” di daerah sekitarnya, sehingga ia menyerukan agar warga yang rumahnya berada di radius lima kilometer dari gunung itu untuk tidak berada di dekat jendela.

Read More

Petugas darurat sudah membersihkan debu gunung berapi itu dari landasan pacu bandara, tetapi belum ada pesawat yang datang atau lepas landas karena masih tebalnya kabut gunung berapi itu.

Kawah gunung itu masih memuntahkan batu-batuan panas membara dan kabut hitam, yang suaranya terdengar hingga berkilometer jauhnya.

Gunung di La Palma ini merupakan bagian dari gunung berapi di Kepulauan Canary di barat laut Afrika yang meletus pada 19 September lalu. Pulau ini dihuni oleh 85.000 orang, dan evakuasi lebih dari 6.000 orang membantu mengurangi jumlah korban. (em/pp)

Related posts