LPBI NU Cianjur Bantu Korban Longsor di Dua Tempat Berbeda

LPBI NU Cianjur Bantu Korban Longsor di Dua Tempat Berbeda

Bacaan Lainnya

CIANJUR, Pantau24jam.com – Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Kabupaten Cianjur bergerak cepat membantu korban bencana longsor di Kecamatan Campaka Mulya dan Kecamatan Cikalongan Kulon, Kabupaten Cianjur, yang terjadi pada Ahad (19/09/2021) sekitar pukul 19.00 WIB.

Berdasarkan penuturan Ketua LPBI NU Cianjur M. Sidik Mulyadi yang turun langsung ke lokasi kejadian, bencana longsor di Kecamatan Campaka Mulya menimpa bangunan Madrasah Aliyah dan  kantor MA Nurul Aklam yang terletak di Kampung Bojongkopo, RT 05 RW 01, Desa Sukabungah, Kecamatan Campaka Mulya.

“Satu lagi berada di Kampung Pasir Ipis, RT 03 RW 03, Desa Mekar Mulya, Kecamatan Cikalong Kulon,” ujar Sidik kepada awak media, Rabu (22/09/2021). 

Sidik mengungkapkan, lokasi bencana yang berbeda tidak menyurutkan semangat relawan LPBI NU Cianjur untuk merespons cepat bencana yang terjadi di dua titik lokasi yang berbeda sekalipun, yakni di Cianjur Selatan dan Cianjur Utara yang berbatasan dengan Tanjungsari Bogor.

“Setelah melakukan koordinasi, tim berangkat ke lokasi untuk membantu evakuasi. Tidak ada korban jiwa, hanya saja di Kecamatan Cikalong Kulon terdapat korban luka karena terjepit reruntuhan dan alhamdulillah berhasil terselamatkan dan di bawa langsung ke RSUD Cianjur,” ujarnya. 

Sidik mengatakan pada pagi harinya tim dari BPBD Cianjur bersama relawan dan warga masyarakat bahu membahu untuk membersihkan puing dan merobohkan sisa bangunan yang dikhawatirkan membahayakan warga sekitar.

“Evakuasi ditutup pada hari Senin yang selanjutnya diserahkan kepada kepala desa sekitar untuk menampung bantuan dari para donatur,” ucapnya.

Ketua LPBI NU sendiri telah berkoordinasi dengan pimpinan PCNU Cianjur, lembaga dan banom serta lembaga lain untuk membantu dengan mendirikan posko NU Peduli.

Dalam waktu dekat, kata Sidik, Ketua PCNU Cianjur KH. M. Choirul Anam MZD akan menyalurkan bantuan di dua lokasi tersebut bersama dengan pihak terkait.(Wamdi R) 

Pos terkait