Paguyuban Lembaga Masyarakat Desa Hutan Kota Bandung Resmi Dilantik

  • Whatsapp
Paguyuban Lembaga Masyarakat Desa Hutan Kota Bandung Resmi Dilantik

BANDUNG, Pantau24jam.com – Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) resmi dilantik pada Rabu, (17/09/2021) di Bandung, Jawa Barat.

Read More

Ketua terpilih Paguyuban Lembaga Masyarakat Desa Hutan Kota Bandung Nace Permana mengatakan bahwa setelah pelantikan tersebut terselenggara langkah strategis yang akan dilakukan pertama adalah penguatan lembaga.

“Yang terdekat kita sebagai pengurus yang baru dilantik, pertama itu kita akan penguatan kelembagaan,” kata Nace.

Selain itu dia pun mengungkapkan bahwa dalam masa kepengurusannya akan membuat strategi agar sistem struktural kepungurusan dapat dijalankan sebagaimana mestinya.

“Dan tentunya kami juga akan membuat strategi bagaimana temen-temen ini bisa menjalankan tugas dan fungsinya,” tuturnya.

Nace Permana mengatakan bahwa kedepan dia akan melakukan agenda road show rdv terhadap beberapa dinas terkait di Jawa Barat.

“Kami akan melakukan road show rdv terhadap beberapa dinas di Jawa Barat, tentunya dinas terkait bidang ekonomi perhutanan,” ujarnya.

Di bawah komandonya, Ketua LMDH terpilih Kota Bandung mengatakan bahwa lembaga yang ia gawangi akan turun ke bawah untuk melakukan konsolidasi ke setiap kota kabupaten di Jawa Barat.

“Kami akan turun ke bawah ke setiap kota kabupaten. Tujuannya untuk penguatan kelembagaan,” kata Nace.

Dia pun menuturkan bahwa selama ini banyak keberhasilan yang telah dituai oleh masyarakat yang tidak terekspos.

“Harapan kami dengan hadirnya paguyuban ini dapat menjadi jembatan untuk mengembangkan potensi-potensi di bawah,”ujar Nace.

Nace Permana mengatakan bahwa pada tahun ini LMDH Kota Bandung berencana akan melakukan kegiatan Jambore LMDH.

Dia menuturkan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut adalah untuk melalukan optimalisasi kelembagaan.

“Tahun ini kami berencana akan melaksanakan Jambore LMDH, artinya kenapa agar multifungsi, untuk penguatan kelembagaan dan publikasi,” tutur Nace.

Dia berharap dengan pelantikan tersebut dapat menjadi sebuah jembatan untuk memajukan ekonomi kerakyatan di bidang perhutani.

Selain hal itu, dia pun berharap agar dapat meningkatkan kesejahteraan kehidupan masyarakat di bawah.

Sementara itu, Kadishut Jabar Evi Kustiawan mengatakan bahwa akan melakukan kolaborasi antara LMDH dengan pemerintah setempat.

Dengan begitu, menurutnya agar dapat bersama-sama meningkatkan kesejahteraan masyarakat hutan dan peningkatan hasil-hasil hutan.

Sementara itu, Amas Wijaya selaku Kepala Perhutani berharap agar masyarakat hutan dapat mendorong hutan menjadi destinasi hutan menjadi destinasi wisata dengan pengoptimalisasian media sosial untuk mengeksplore hutan-hutan yang ada.(Husni) 

Related posts