Gubernur Khofifah : Akuntabilitas Kinerja Membawa Jawa Timur Maju Provinsi Nomor Satu di Indonesia

  • Whatsapp
Gubernur Khofifah : Akuntabilitas Kinerja Membawa Jawa Timur Maju Provinsi Nomor Satu di Indonesia

Pantau24jam.com, Jatim – Gubernur Jawa Timur Ibu Hj. Khofifah Indar Parawansa memberikan tugas dan tanggung jawab kepada pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Jatim untuk menjadi garda utama bersama-sama memajukan Jawa Timur serta menjadikan provinsi terdepan di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Gubernur perempuan pertama di Jatim ini juga memberikan pembekalan dan wawasan tentang akuntabilitas kinerja dan keuangan bagi pimpinan OPD, disertai bekerja sesuai dengan tugas pokok fungsinya sehingga cita-cita Jawa Timur maju dan nomor satu bisa terwujud.

Hal ini diamanatkan oleh Gubernur Jatim pada acara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Pejabat Tinggi Pratama (Eselon II) di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (15/09), 16 pejabat baru ini menjadi amunisi dan energi bagi Pemprov. Jatim yang dijaring melalui lelang jabatan (open bidding) bukan rotasi atau mutasi jabatan tetapi promosi jabatan dari pejabat eselon III naik menjadi eselon II A dan II B, untuk menduduki pimpinan OPD sebagai Kepala Dinas atau Wakil Direktur RSUD serta Kepala Biro Sekretariat Daerah Pemprov. Jatim.

“Saudara akan menjadi komandan di masing-masing institusi yang saudara pimpin sesuai tupoksi serta ditambah wawasan pengetahuan tentang akuntabilitas kinerja dan keuangan, terima kasih kepada pansel karena pelantikan pejabat melalui proses open bidding ini akan menjadi tatanan kita semua untuk bersama-sama memajukan Provinsi Jawa Timur terdepan di Indonesia,” ungkapnya.

Diuraikannya, sebelum para pejabat tersebut mulai melaksanakan tugas maka mereka akan mengikuti pembekalan wawasan tentang akuntabilitas kinerja dan keuangan, kurikulum yang disiapkan dengan menghadirkan narasumber antara lain dari BPK, BPKP dan KPK yang akan memberikan referensi akuntabilitas keuangan untuk menjaga kehati-hatian tetapi tetap cepat, efektif dan transparan serta responsif, untuk memberikan pembekalan referensi akuntabilitas kinerja dari narasumber Kementerian PAN RB, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan.

Penting juga sebagai pejabat pengambil keputusan untuk dibekali kemampuan kepemimpinan kepala OPD dengan mengundang narasumber untuk melakukan penguatan kompetensi dan potensi yang dimiliki. “Kita membutuhkan penguatan tambahan wawasan bukan saja pada saat mau mengemban amanat atau amanat ini, memori kita bisa bertambah atau berkurang dalam hal tertentu oleh sebab itu siraman-siraman yang bisa menjadi penguatan dari berbagai wawasan untuk menjalankan amanat, ini sangat penting” tuturnya.

Pelantikan ini dilakukan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Jawa Timur Nomor : 821.2/4297/204/2021 tanggal 14 September 2021 dan Nomor : 821.2/3583/204/2021 Tanggal 26 Juli 2021 Tentang Pengangkatan dalam Jabatan, Pejabat Tinggi Pratama (Eselon II).

Adapun 16 orang pejabat Eselon II yang dilantik kali ini merupakan hasil dari Seleksi Terbuka (open bidding) Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemprov Jatim. Sementara satu orang yakni Kepala Pelaksana BPBD Jatim merupakan pelantikan susulan dari tanggal (28/7) lalu karena yang bersangkutan berhalangan hadir karena menjalani isolasi mandiri.

Turut hadir Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, Ketua komisi A DPRD Jatim Mayjen TNI purn. Istu Hari Subagyo, plh. Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono, Kepala Kanreg II BKN Surabaya Heru Purwaka, serta para Kepala OPD di lingkungan Provinsi Jatim.

Ke-17 pejabat Eselon II yang dilantik yaitu Edy Tambeng Widjaja, ST, M.Si sebagai Kepala Dinas PU Bina Marga Prov. Jatim, Dr. Erwin Astha Triyono, dr., Sp.PD, KPTI sebagai Kepala Dinas Kesehatan Prov. Jatim, Ir. Indyah Aryani, MM sebagai Kepala Dinas Peternakan Prov. Jatim, Dr. Muhammad Isa Anshori, ATD, MT sebagai Kepala Dinas PU Sumber Daya Air, dan R. Heru Wahono Santoso, S. Sos, MM Kepala Bakesbangpol Provinsi Jatim.

Kemudian Imam Hidayat, S.Sos, MM sebagai Kepala Bakorwil Jember, Eddy Supriyanto, S.STP, M.PSDM sebagai Kepala Bakorwil Madiun, Ir. Budi Sarwoto, MM sebagai Kepala Bakorwil Malang, Ir. Sigit Panoentoen, M. Si sebagai Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setdaprov Jatim, Moh. Ali Kuncoro, S.STP, M.Si sebagai Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setdaprov Jatim, dan Dr. Ramliyanto, SP, MP sebagai Kepala Biro Organisasi Setdaprov Jatim.

Selanjutnya Iwan, S.Hut, MM sebagai Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Jatim, dr. Widodo Budi Prasetyo sebagai Wadir Pelayanan Penunjang RSUD Dr. Saiful Anwar Provinsi Jatim, dr. Muhamad Rizal, MM, M.Kes dr. sebagai Direktur RSUD Karsa Husada Batu, dr. Abdul Rohim, Sp. A Wadir Penunjang Pendidikan dan Penelitian RSUD Soedono Provinsi Jatim, Endy Alim Abdi Nusa, S.IP, MM Kepala Biro Pengadaan Barang/Jasa Setdaprov Jatim, dan Drs. Budi Santosa Kepala Pelaksana BPBD Jatim. (Red)

Pos terkait