Kunjungan Perdana Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jatim di Pelabuhan Perikanan Bulu

  • Whatsapp
Kunjungan Perdana Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi  Jatim di Pelabuhan Perikanan Bulu

Kunjungan Kepala dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur Ke pantai Bulu

Pantau 24jam.com,.Surabaya—-Dalam rangka kunjungan perdana Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur diberbagai wilayah kerja Cabang dinas / Unit Pelaksana Teknis, tepat Rabu, 1 September 2021 ibu Dr. Ir. Dyah Wahyu Ermawati, MA melakukan kunjungan lapangan di UPT Pelabuhan Perikanan Pantai Bulu.

 Pelabuhan perikanan Bulu terletak di Kabupaten Tuban, tepatnya di sisi Barat dan berbatasan dengan Kabupaten Rembang Jawa Tengah. Tujuan utama kegiatan ini untuk melihat potensi dan permasalahan yang ada di UPT. Dalam kunjungannya beliau didampingi oleh Kasubag Tata Usaha, Kepala Bidang Perikanan Tangkap dan tim Lainnya.

Kedatangan Beliau disambut oleh Kepala Pelabuhan  Bapak Kartono Umar, S.Pi, MAP dengan paparan sekilas dan inovasi yang ada di PPP Bulu ini, dalam pertemuan ini Kepala Pelabuhan juga menjelaskan permasalahan yang dialamai UPT dan Instalasi, yakni Instalasi Pelabuhan Perikanan Bawean yang terletak di Pulau Bawean.

 “Pulau ini merupakan gugusan kepulauan yang termasuk dalam wilayah Gresik dan terletak di sebelah utara wilayah Kota Gresik. Pulau Bawean berjarak 80 mil atau 120 km dari Kota Gresik.Secara geografis kepulauan Bawean terletak antara 1120 45’ Bujur Timur dan 50 45’ Lintang Selatan. Luas wilayah sebesar 196,27 km”, tutur Kartono Umar Kepala Pelabuhan.

Saat Memberikan Penjelasan

Beliau mengatakan, “Daerah Pantura (Pantai Utara) menjadi prioritas utama pengembangan, saat mengingat pesan Ibu Gubernur ketika pelantikan”.

Selain mengapresiasi kinerja dan penataan ruang kerja yang rapi dan nyaman, sebelumnya beliau juga melakukan peninjauan lapang. Ketertarikan materi inovasi menjadikan kesan baik, dengan memperkenalkan 3 inovasi yang sudah menjadi bagian dari UPT, yaitu SIMPELPAS, MASDANIS dan e-Klik (Survei Secara Elektronik).

Dalam monitoring sarana prasarana di lapangan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan  Provinsi Jawa Timur  Ibu Dr. Ir. Dyah Wahyu Ernawati, MA didampingi Kepala Pelabuhan Bapak Kartono Umar, S.Pi dan Bapak Yuli Hantono, S.Pi selaku Seksi Tatakelola dan Pelayanan Usaha. Bapak Yuli menjelaskan sarana prasarana yang dimiliki seperti TPI, Cold Storage, Dermaga, dan melihat progres pekerjaan rigid. 

Fasilitas cold storage memiliki kapasitas simpan hingga mencapai 25 ton / 2 unit dan pembekuan 2,5 ton. Pasokan listrik 82,5 KVa, pelayanan Loyang, boks, rak simpan serta palet ikan. UPT PPP Bulu memiliki kolam labuh seluas 3 Ha, yang setiap harinya dapat menampung 150 hingga 180 unit kapal berukuran 10-20 GT.

Di akhir kunjungan beliau berpesan untuk menjaga aset-aset yang ada dan tetap bekerja dengan semangat untuk selalu mendukung untuk memajukan masyarakat nelayan.

(Ris)
 

Pos terkait