Komisi I DPR RI Serap Aspirasi Terkait Kendala Penanganan Covid-19 di Wilayah Solo Raya

Komisi I DPR RI Serap Aspirasi Terkait Kendala Penanganan Covid-19 di Wilayah Solo Raya

Komisi I DPR RI serap Aspirasi terkait kendala penanganan Covid-19 di wilayah Solo Raya.


SOLO, Pantau24jam.com, – Komisi I DPR RI menerima aspirasi dari Komandan Korem 074/Warastratama, Kol. Inf. Deddy Suryadi bersama Dr. Siti Wahyuningsih, Kepala Dinas Kesehatan Kota Surakarta terkait kendala dan permasalahan yang terjadi dalam proses penanganan Covid-19 dan program vaksinasi di wilayah Solo Raya.

Bacaan Lainnya

“Kedatangan kami ke Korem ini untuk mengetahui kendala atau permasalahan yang dihadapi baik dari teman-teman TNI di Korem 074/Warastratama ini, maupun dari kepala dinas kesehatan yang ada di wilayah Solo Raya ini terkait penanganan Covid-19, serta program vaksinasi,”ujar Ahmad Syaikhu, Anggota Komisi I DPR RI usai pertemuan dengan Komandan Korem 074/Warastratama, para Komandan Kodim dan Kepala dinas kesehatan di Solo Raya, Jumat (27/8).

Pasalnya,lanjut Syaikhu, di daerah lain pun pihaknya kerap mendapat keluhan berupa kendala dalam program vaksinasi. Salah satunya ketidak merataan distribusi vaksin. Sehingga tidak sedikit masyarakat yang belum mendapat kesempatan vaksin. Padahal untuk siap menghadapi berakhirnya PPKM (program pembatasan kegiatan masyarakat) harus ada Herd Immunity dari seluruh masyarakat.

Menjawab hal tersebut, Komandan Korem 074/Warastratama, Dedy Suryadi mengakui kendala utama dari penanganan Covid-19 di wilayahnya adalah masih adanya sebagian masyarakat yang tidak displin dalam menjalankan protokol kesehatan selama PPKM berlangsung. 

Hal tersebut tidak bisa dipungkiri mengingat tidak sedikit masyarakat yang mencari nafkah dengan berjualan angkringan atau wedhangan. Dimana mereka baru memulai usahanya pada sore menjelang malam hari. Sementara aturan PPKM masyarakat diminta menutup usahanya tersebut hingga jam sembilan malam.

Sementara itu, para Kepala dinas kesehatan di wilayah solo raya mengeluhkan kurangnya stock vaksin. Mereka berharap jangan sampai kondisi tersebut menghambat dan mengurangi semangat masyarakat untuk divaksin. 

“Klaten dengan jumlah penduduk terbanyak di wilayah Solo raya ini. Namun tetap mendapat jumlah vaksin yang sama dengan daerah lain yanh jumlah pendudukmya sedikit. Tidak meratasnya distribusi vaksin menjadi kendala tersendiri bagi kami,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten. 

Menanggapi hal tersebut, Ketua Tim Kunjungan Kerja Komisi I DPR RI, M Farhan mengatakan akan membawa permasalah tersebut dalam pertemuan dengan pihak terkait di pusat.

Selain itu Komisi I DPR RI juga mendorong Korem 074/Warastratama untuk terus berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan seperti POLRI dan pemerintah daerah. Serta melibatkan tokoh masyarakat guna menyukseskan program vaksinasi Covid-19 terutama pemerataan distribusi vaksin. (Ayu)

Pos terkait