Satgas COVID-19 : Gunakan Aplikasi PeduliLindungi akan Cegah Kebocoran Data Pribadi Penerima Vaksin

Satgas COVID-19 : Gunakan Aplikasi PeduliLindungi akan Cegah Kebocoran Data Pribadi Penerima Vaksin

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito.


JAKARTA, Pantau24jam.com, – Masyarakat yang telah divaksinasi COVID-19 wajib menjaga data pribadi yang terkandung dalam QR Code dalam sertifikat vaksin. Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menegaskan bahwa salah satu cara melindungi data pribadi dengan tidak mencetak sertifikat vaksin. 

Bacaan Lainnya

“Mengingat di dalam sertifikat vaksin terdapat QR code yang berisi data pribadi, maka masyarakat diminta untuk dapat men-download aplikasi PeduliLindungi,” Wiku dalam Keterangan Pers Perkembangan Penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Kamis (26/08/2021)

Dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi, maka masyarakat tidak lagi perlu mencetak sertifikat vaksin. Sehingga data pribadi terlindungi dan mencegah potensi kebocoran data yang disebabkan pencetakan sertifikat vaksin dilakukan pihak lain. Dan juga dengan tidak melakukan pencetakan turut mencegah potensi penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Disamping itu, kabar perkembangan lainnya terkait vaksin, Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) telah resmi mengeluarkan emergency use of authorization (EUA) untuk Vaksin Sputnik V. Vaksin ini dikembangkan oleh The Gamaleya National Center of Epidemiology and Microbiology di Russia yang menggunakan platform Non-Replicating Viral Vector. 

“Vaksin Sputnik-V untuk masyarakat berusia 18 tahun ke atas dan diberikan secara injeksi intramuskular dengan dosis 0,5 mL untuk 2 (dua) kali penyuntikan dalam rentang waktu 3 (tiga) minggu,” lanjutnya. (Her)