Dukung Upaya Pemerintah Atasi Pandemi, Jajaran Koopsau II Gelar Vaksinasi

Dukung Upaya Pemerintah Atasi Pandemi, Jajaran Koopsau II Gelar Vaksinasi

Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji saat menyapa warga yang telah divaksin di Detasemen TNI Angkatan Udara, Kelurahan Sidoarjo, Pacitan, Jawa Timur, Selasa (24/08/2021). 

PACITAN, Pantau24jam.com, – Sebagai upaya menekan angka kasus Covid-19, pemerintah terus gencar melakukan vaksinasi guna mencapai herd immunity secara nasional.

Read More

Berdasarkan pengakuan WHO dan para ilmuan dunia vaksinasi mampu mengerem penyebaran virus corona diasea, hal itu terbukti seperti negara maju di wilayah Eropa, yang telah mampu menciptakan herd immunity. Angka vaksinasi di negara maju tersebut, seperti Inggris, Italy dan Jerman telah mencapai  70 – 90 persen dari populasi penduduk.

Untuk itu Pemerintah Indonesia bertekad akan menargetkan angka vaksinasi sekitar 210 juta jiwa, atau setidaknya pada akhir tahun angka vaksinasi mencapai 70 persen dari target nasional.

Terkait hal itu, jajaran TNI Angkatan Udara terus gencar melaksanakan vaksinasi di seluruh jajaran dan satuan yang ada di wilayah nusantara.

Proses vaksinasi oleh tim vaksinator RSAU dr Efram Harsana Lanud Iswahyudi.

Kali ini Komando Operasi TNI Angkatan Udara II (Koopsau II) menggelar vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat umum di Detasemen TNI Angkatan Udara, Kelurahan Sidoarjo, Pacitan, Jawa Timur, Selasa (24/08/2021).

Vaksinasi yang dimulai pukul 08.00 Wib, melibatkan 31 vaksinator dari RSAU dr. Efram Harsana Lanud Iswahyudi dan Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan, dengan target sasaran 500 warga yang berdomisili di sekitar lokasi latihan puncak antar satuan Koopsau II Sikatan Daya 2021. 

Pada kesempatan itu, Pangkoopsau II Marsda TNI Minggit Tribowo, S.I.P. berkesempatan menyapa secara langsung pelaksanaan vaksinasi via virtual dari Makoopsau II di Makassar, Sulawesi Selatan.

Pangkoopsau II menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Pacitan yang telah memberikan fasilitas dan sarana prasarana dalam pelaksanaan latihan puncak antar Satuan Koopsau II Sikatan Daya tahun 2021.

“Kami terima kasih telah diberi kesempatan berlatih di Pacitan, kami mohon maaf tidak bisa datang ke Pacitan karena pandemi, namun kemajuan teknologi, jarak yang jauh tidak menjadi halangan dalam bersilaturahm,i” ujar Pangkoopsau II.

Pangkoopsau II berharap, peran TNI Angkatan Udara dapat dirasakan oleh masyarakat khususnya Pacitan. “Dan semoga pandemi ini segera berakhir, dan masyarakat dapat beraktivitas secara normal kembali,” imbuhnya.

Sementara Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji, S.S. didamping Forkompinda Kabupaten Pacitan, mengapresiasi pelaksanaan bakti sosial berupa vaksinasi yang dilaksanakan TNI Angkatan Udara terhadap warga masyarakat Pacitan.  

“Vaksin merupakan salah satu upaya untuk menekan angka kesakitan dan kematian dalam pendemi Covid-19 ini, meskipun vaksin bukan satu-satunya cara untuk menekan laju pandemi ini, tetapi kedepan untuk mencapai herd immunity, vaksin harus digalakkan oleh seluruh pihak yang ada,” ucapnya. 

Bupati juga menyampaikan, atas nama pemerintah daerah terima kasih atas bantuan dan kerjasama dari TNI Angkatan Udara dalam percepatan vaksinasi untuk mencapai herd immunity di Kabupaten Pacitan. “Mudah-mudahan dapat membawa manfaat bagi kita semuanya, saya juga berpesan pada masyarakat tetap patuhi protokol kesehatan seeprti memakai masker, mencuci tangan dengan air dan sabun/sanitizer,  menjaga jarak, menghindari kerumunan serta mengurangi mobilitas,” tambahnya.

 Secara tehnis, Aspotdirga Kaskoopsau II Kolonel Pom Muhammad Nur, S.Sos. selaku koordinator bakti sosial di Pacitan menyebutkan, Vaksinasi gratis merupakan bagian dari kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan Koopsau II dilokasi latihan puncak antar satuan Koopsau II Sikatan Daya 2021. Vaksin yang digunakan jenis Sinovac untuk dosis pertama, dengan peserta usia 12 tahun ke atas.

Aspotdirga Kaskoopsau II menyebutkan, selain vaksinasi gratis, juga dilaksanakan penyerahan secara simbolis 150 paket sembako kepada warga kelurahan Sidoarjo dan PPAU, 100 pasang sepatu boot kepada Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia di Kabupaten Cilacap, serta pembagian 50 APD kepada Puskesmas Candi dan Puskesmas Pringkuku. 

”Kami mohon doa dari seluruh warga masyarakat Pacitan untuk kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan latihan sikatan daya 2021”, harapnya.

”Di waktu bersamaan, kegiatan serupa, juga kami laksanakan di daerah Lumajang dan Detasemen Pandan Wangi, Jawa Timur,” tutupnya. (sg)

Related posts