Bangkitkan Semangat Juang Hadapi Covid-19, Delapan Pesawat Tempur dan 6 Helikopter akan Beraksi pada Puncak HUT ke-76 RI

  • Whatsapp
Bangkitkan Semangat Juang Hadapi Covid-19, Delapan Pesawat Tempur dan 6 Helikopter akan Beraksi pada Puncak HUT  ke-76 RI
Manuver pesawat tempur F16

JAKARTA, Pantau24jam.com, – Deru mesin pesawat tempur di atas langit Jakarta membangkitkan semangat juang Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh.

Ya, kehadiran alutsista TNI, berupa 8 pesawat tempur F-16 yang akan bermanuver tepat di atas Istana Merdeka dan pengibaran bendera ukuran raksasa bewarna Merah-Putih oleh 6 helikopter TNI, diharapkan membangkitkan jiwa Nasionalisme dan semangat juang seluruh komponen bangsa dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang sedang melanda bangsa Indonesia saat ini.

Read More

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara, Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah saat menghadiri pelaksanaan geladi sejumlah alutsista TNI yang akan tampil pada Upacara Peringatan HUT ke-76 RI di Istana Merdeka Jakarta, Sabtu (14/08/2021).

Enam Helikopter yang siap bersaksi.

Delapan pesawat tempur yang diterbangkan dari Lanud Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur ini, telah melaksanakan geladi dalam beberapa hari terakhir di atas Istana Negara. Manuver udara yang akan dipersembahkan oleh elang-elang besi kebanggan Indonesia ini, adalah manuver bomb burst yang dipimpin oleh Danskadron Udara 3, Letkol Pnb Agus Dwi. A.

Pada latihan hari ini, seluruh pesawat tempur F-16 dengan call sign “Garuda Flight” bertolak dari Lanud Iswahjudi dan melaksanakan flypast serta manuver udara bomb burst di Istana Merdeka, kemudian mendarat di Lanud Halim Perdanakusuma.

Sementara 6 helikopter akan mempersembahkan momen bersejarah, dengan mengibarkan bendera raksasa yang berwarna Merah-Putih di atas Istana Merdeka nantinya.

“Pengibaran bendera raksasa ukuran 20×30 meter, merupakan momen bersejarah, karena untuk pertama kalinya bendera raksasa yang berwarna Merah-Putih dikibarkan oleh pesawat helikopter TNI AU,” ungkap Marsma Indan.

Misi penerbangan helikopter dengan call sign “Nusantara Flight” yang dipimpin oleh Letkol Pnb Akhmad Mauludin ini, akan mengibarkan bendera raksasa Merah-Putih pada ketinggian 1.000 kaki dengan metode “Sling Load Operation”.

Direncanakan, pada esok hari, Minggu (15/8/2021) akan dilaksanakan latihan serupa, sebelum tampil pada tanggal 17 Agustus 2021 nanti. (sg)

Related posts