MAYORITAS WARGA KELAPA KAMPIT PATUH PROKES 12 AGUSTUS, 2021

  • Whatsapp
MAYORITAS WARGA KELAPA KAMPIT PATUH PROKES 12 AGUSTUS, 2021

Kelapa Kampit-Beltim, Koranpatroli.com – Tingkat kepatuhan warga Kecamatan Kelapa Kampit dalam menerapkan protokol kesehatan sangat tinggi. Hal ini terlihat saat Tim Gabungan Pengendalian, Pengawasan dan Penegakan Hukum Pendisiplinan Protokol Kesehatan COVID-19 melaksanakan operasi yustisi di Pasar Kelapa Kampit, Kamis (12/8/21) Pagi.

Read More

         Dalam operasi yang dimulai pukul 08.00 hingga 10.00 ini, tim hanya mendapati 11 orang yang melakukan pelanggaran protokol kesehatan (prokes). Semua pelanggar kedapatan tidak menggunakan masker atau ada juga yang memakai masker namun tidak memakainya dengan benar.

         Kepala Satpol PP Kabupaten Belitung Timur Zikril menyatakan perubahan perilaku masyarakat dalam penerapan prokes di Kabupaten Beltim terutama di Kecamatan Kelapa Kampit sudah sangat baik. Ia menilai masyarakat sudah sangat sadar akan pentingnya penerapan prokes.

         “Yang kita pantau dalam setiap operasi bukan hanya sekedar pelanggar saja, tetapi berapa banyak yang sudah patuh. Selama dua jam kita operasi sekitar 300-orang yang lewat dan yang diamati oleh petugas khusus yang kita tempatkan di lokasi, yang melanggarnya hanya 11 orang,” kata Zikril.

         Menurutnya keberhasilan merubah perilaku ini tak lepas dari kerja keras semua pihak, terutama dari pemerintah desa, kecamatan dan juga TNI/Polri, yang setiap saat gencar selalu turun ke lapangan mensosialisasikan pentingnya penerapan prokes.

         “Kalau kita kan dari Kabupaten hanya sekedar menguji sampel yang ada di lapangan. Namun hasil dari kegiatan dan data hari ini akan kita kirim ke Mendagri untuk laporan,” ujar Zikril.

         Zikril pun meminta agar setiap ada operasi yustisi, masyarakat terutama aparatur pemerintah dapat sepenuhnya patuh dan berhenti jika petugas meminta. Mengingat saat operasi berlangsung, ada salah satu mobil pengendara yang tampaknya disinyalir petugas lapangan adalah oknum aparatur pemerintah enggan berhenti.

        “Kita minta kepada seluruh aparatur di Pemkab Beltim harus jadi contoh yang baik bagi masyarakat. Ini kita minta berhenti malah ngegas. Sudah kita catat nomornya dan akan kita lacak,” tegas Zikri.(Hendy)

Editor : Muhndi.S. kom i

Related posts