Wilayah Barat Daya AS Bersiap untuk Gelombang Panas

  • Whatsapp
Wilayah Barat Daya AS Bersiap untuk Gelombang Panas


Warga di Pacific Northwest (wilayah barat daya AS yang menghadap ke Pasifik) bersiap menghadapi gelombang panas tinggi lagi selama beberapa hari mulai Rabu (11/8), baru sebulan setelah cuaca panas yang memecahkan rekor menewaskan ratusan orang di wilayah yang paling rentan itu ketika suhu udara melonjak hingga 47 Celcius.

Badan Cuaca Nasional di Portland, Oregon, memperingatkan minggu ini bahwa dalam “skenario terburuk,” suhu bisa mencapai 44 Celcius di beberapa bagian Oregon barat pada Jumat (13/8) sebelum mendingin pada akhir pekan. Kemungkinan besar suhu akan naik di atas 38 C selama tiga hari berturut-turut, dan mencapai puncaknya sekitar 40,5 C pada Kamis (12/8).

Read More

Ahli meteorolog Tyler Kranz mengatakan bahwa itu adalah angka yang mengejutkan di wilayah yang biasanya beriklim sedang dan akan mendekati – atau bahkan memecahkan – rekor sepanjang masa kecuali gelombang panas akhir Juni.

Gubernur Kate Brown telah menyatakan keadaan darurat dan mengaktifkan pusat-pusat operasi darurat, dengan alasan adanya potensi gangguan pada jaringan listrik dan transportasi. Pemerintah kota dan distrik membuka tempat-tempat penampungan berpendingin di gedung-gedung pemerintah, memperpanjang jam perpustakaan umum dan membebaskan ongkos bus bagi mereka yang menuju ke pusat-pusat pendingin. 

Pusat-pusat panggilan telepon hotline di seluruh negara bagian itu akan mengarahkan penelepon ke tempat-tempat penampungan berpendingin terdekat dan memberikan petunjuk tentang bagaimana agar tetap aman. [lt/ab]

Related posts