Sambut HUT RI, Kapolres Sibolga AKBP Taryono Raharja Tanam Ribuan Bibit Mangrove

  • Whatsapp

SIBOLGA – pantau24jam.com. Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Sibolga AKBP Taryono Raharja, S.H., S.I.K menanam 2.076 bibit mangrove untuk melestarikan lingkungan. Sabtu, 7/8/2021 pagi.

“Selain untuk melestarikan lingkungan di pesisir pantai Sibolga, juga untuk mencegah terjadinya abrasi akibat ombak laut,” ujar Taryono. Dilansir garudaonline.

Dijelaskannya, kegiatan peduli lingkungan yang dilaksanakan di areal Bufer Zoom Pertamina Jalan Sibolga Baru, Kelurahan Pasar Belakang, Kecamatan Sibolga Kota, Kota Sibolga itu dalam rangka HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Penanaman pohon mangrove jenis Rhizofora SP itu dilakukan Kapolres Sibolga dipandu ahli tanaman mangrove Wibi Nugraha.

“Ahli juga menjelaskan kepada kita tata cara penanaman pohon mangrove, khususnya di wilayah kota Sibolga yang merupakan wilayah pesisir pantai, situasinya bergelombang air laut antara ketinggian 80 cm sampai dengan ketinggian 1 meter dan berhadapan dgn samudra Hindia,” paparnya.

Karena itu, sambungnya, metode tanamnya tidak dapat ditanam secara langsung, melainkan dengan menggunakan media bambu sebagai pelindung setinggi 1 meter (metode pot), dan diisi batu karang, tanah liat serta lumpur kemudian dibungkus karung.

Turut serta dalam kegiatan itu, Kepala Fuel Terminal Pertamina Manager Sibolga, Wisnu Eka Baskara, Waka Polres, Kompol R Sihombing, SH, Ketua P4BSU Jamil Zebtumori, PJU Polres Sibolga dan ketua karang taruna serta para ahli tanam.

Dia menambahkan, penanaman mangrove tersebut bersinergi dengan pihak Pertamina Sibolga, karang taruna, Ormas kepemudaan serta Ormas lingkungan hidup.

“Kegiatan berjalan dengan aman dan kondusif, tetap mematuhi protokol kesehatan,” pungkas mantan Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Sumut tersebut.

Red

Pos terkait