Dukung Pemerintah Dalam Pemulihan Ekonomi, Puang Bro Bantu Pelaku Usaha Mikro

  • Whatsapp
Dukung Pemerintah Dalam Pemulihan Ekonomi, Puang Bro Bantu Pelaku Usaha Mikro

TORAJA UTARA – Sudah setahun lebih pandemi Covid-19 melumpuhkan aktivitas kegiatan masyarakat yang kini sangat dirasakan dampaknya terhadap para pelaku usaha mikro atau usaha industri kecil rumah tangga, Minggu (8/8/2021). 

Bacaan Lainnya

Hal itupun dirasakan oleh Selvi, ibu rumah tangga yang beralamat di Tengkosituru, Malango’ yang memiliki usaha industri kerajinan tangan yang bahan bakunya dari perpaduan bahan lokal Toraja yang dibuat menjadi sebuah tas dalam berbagai ukuran. 

Namun kreativitas dan semangat usahanya tersebut juga terhenti akibat adanya masa pandemi Covid-19 karena hasil penjualan tidak ada sama sekali. 

Melihat hal dan kondisi seperti itu, Bride S Allorante yang akrab di panggil dengan sebutan Puang Bro, merasa prihatin dan keterpanggilan membantu meringankan beban penat bagi masyarakat yang punya jiwa semangat dalam dunia usaha kecil rumah tangga. 

Puang Bro, mengatakan jika dirinya hadir ditengah masyarakat untuk membantu bagi yang punya semangat usaha yang di ciptakan sendiri melalui kreasi dan keuletannya. Seperti usaha kerajinan tapi bukan usaha kerajinan yang sudah di geluti orang lain sebelumnya. 

“Saya mau bantu masyarakat yang punya usaha sendiri seperti usaha kerajinan industri rumahan yang masih original atau asli dari keuletannya, bukan ciplakan ataupun usaha kerajinan yang sudah di lakoni oleh banyak orang”, ungkap Puang Bro Bride S Allorante, yang ditemui kemarin Sabtu (7/8/2021) di Tengkosituru’ Rantepao. 

Puang Bro Bride S Allorante, juga menuturkan jika dirinya bukan hadir untuk pamer keberadaannya atau di katakan banyak uang tapi hadir memberikan kasih, memberikan hati kepada masyarakat yang butuh uluran tangan. 

“Intinya di sini bahwa saya bukan untuk pamer banyak uang karena saya bukan orang yang banyak uang. Saya hadir untuk membagi kasih, memberikan hati kepada sesama karena kita ada di dunia sebagai manusia sosial yang seharusnya saling membantu satu sama lain”, jelas Bride. 

Menurut Puang Bro Bride S. Allorante bahwa bantuan tersebut kepada masyarakat yang mempunyai bakat seni kerajinan original berupa bantuan tambahan modal usaha dalam bentuk tunai yang di taksir maksimal 25 Jt untuk setiap usaha. 

Namun itu kata Puang Bro, bagi yang dapatkan bantuan harus bisa benar benar menjaga kepercayaan serta tetap mengembangkan usahanya. Jangan setelah dibantu malah usahanya tidak dijalankan.

Pengajuan bantuan itu juga tidak butuhkan administrasi yang rumit bahkan tanpa jaminan apa apa, yang penting punya usaha seni kerajinan yang masih original yang tidak atau belum di geluti orang lain. Dan terbuka untuk masyarakat Toraja yang berdomisili di Toraja Utara. 

Sementara, Selvi yang telah di setujui proposal bantuan modal usahanya, mengatakan bahwa kehadiran Puang Bro atau Bride S. Allorante, dalam membantu usahanya benar diluar dugaan. 

“Saya sangat berterima kasih kepada Puang Bro atau pak Bride karena disaat kami terpuruk bingung mau kemana minta bantuan, beliau langsung menyetujui permohonan kami. Dan sangat diluar dugaan kami yang sudah dibantukan sejumlah 19 Juta Rupiah”, ucap Selvi. 

Selain membantu usaha seni kerajinan, Puang Bro Bride S. Allorante, juga membuka kesempatan bagi para seniman lain seperti seni suara dan pencipta lagu di Toraja yang siap rekaman. Dimana akan di fasilitasi secara gratis sampai masuk studio rekaman. 

Puang Bro menyampaikan ke masyarakat yang punya usaha mikro industri rumah tangga, masih buatan original karya sendiri yang tidak di produksi oleh orang lain dan butuh bantuan pinjaman tanpa bunga serta tanpa jaminan, bisa menghubungi Wildan (0822-3939-6016).

(SL) 

Pos terkait