PBB: Korea Utara Terus Kembangkan Nuklir

  • Whatsapp
PBB: Korea Utara Terus Kembangkan Nuklir


Korea Utara terus mengembangkan program rudal nuklir dan balistiknya selama paruh pertama tahun 2021 yang melanggar sanksi internasional, meskipun situasi ekonomi negara itu memburuk, menurut kutipan dari laporan rahasia PBB yang diperoleh Reuters hari Jumat (6/8). 

Laporan panel para pemantau sanksi independen kepada komite sanksi Korea Utara Dewan Keamanan PBB mengatakan, Pyongyang “terus mencari bahan dan teknologi untuk program-program nuklirnya itu dari luar negeri.” 

Bacaan Lainnya

“Meskipun negara itu sedang berfokus pada kesulitan ekonomi yang memburuk, Republik Rakyat Demokratik Korea Utara (DPRK) terus mempertahankan dan mengembangkan program rudal nuklir dan balistiknya”, para pemantau sanksi menyimpulkan.

Misi Korea Utara untuk PBB di New York tidak segera menanggapi permintaan untuk memberikan komentar atas laporan PBB itu. 

Negara Asia yang terisolasi itu memberlakukan penutupan wilayah (lockdown) yang ketat tahun lalu di tengah pandemi virus corona yang telah menghambat akses perdagangan dan bantuannya. Kebijakan lockdown juga merugikan ekonomi negara yang sudah dibebani oleh berbagai sanksi internasional. 

Pada bulan Juni lalu, pemimpin Korut Kim Jong Un mengatakan negara itu menghadapi situasi pangan yang “mencekam” dan akan banyak bergantung pada hasil panen tahun ini. [ps/pp]

Pos terkait