RANGSANG MINAT MENELITI DAN MENULIS PEJABAT FUNGSIONAL

  • Whatsapp
RANGSANG MINAT MENELITI DAN MENULIS PEJABAT FUNGSIONAL

Manggar-Beltim,Koran patroli.com– Sebanyak 37 pejabat Fungsional Tertentu di jajaran Pemerintah Kabupaten serta intansi vertikal di Belitung Timur mengikuti Bimbingan Teknis Karya Tulis Ilmiah di Hotel Guest Manggar, Senin (21/6/21).

Bacaan Lainnya

Bimtek yang digelar selama dua hari oleh Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) ini turut menggandeng para peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Para peserta ada yang datang langsung ke lokasi ada juga yang melalui daring.   

Kepala Bappelitbangda Kabupaten Beltim Bayu Priambodo mengatakan bimtek ini bertujuan untuk mengembangkan dan menggiatkan minat menulis di kalangan PNS jabatan fungsional tertentu. Tahun 2020 lalu juga dilaksanakan kegiatan yang sama.

“Bimtek karya tulis ilmiah ini sebenarnya awalnya untuk kami di Bidang Litbang Bapelitbangda untuk memberikan motivasi dan dorongan khususnya bagi para fungsional tertentu dalam pengembangan profesi. Karena di dalam unsur penilaian angka kredit untuk kenaikan pangkat, salah satunya adalah unsur pengembangan profesi,” ungkap Bayu.

Setelah mengikuti Bimtek para fungsional tertentu akan diminta untuk meneliti dan menulis karya ilmiah sesuai dengan bidang profesi masing-masing. Bisa berupa, jurnal, malakah, artikel maupun policy brief.

“Harapannya akan semakin banyak fungsional tertentu baik di Beltim maupun Provinsi Babel yang akan mengkaji atau meneliti tentang bidang yang digeluti. Kalau kita di Bapelintbangda sudah banyak yang suka meneliti atau menulis, ini kita dorong yang di OPD-OPD lainnya,” harap Bayu.  

          Setelah usai pelatihan, hasil tulisan ilmiah para peserta juga akan diikutkan dalam Lomba Penulisan Karya Ilmiah Kabupaten Beltim 2021. Lomba bukan hanya untuk peserta namun juga untuk umum, baik akademisi, ASN, mahasiswa pelajar dan masyarakat umum lainnya.

          “Masing-masing kita ambil 10 pemenang dari tiap-tiap kategori. Total hadiah puluhan juta. Dua karya ilmiah terbaik akan dimuat di jurnal LIPI,” ujar Bayu yang didampingi Kepala Bidang Litbang Bappelitbangda Irfan Jauhari.(Cindra)

Pos terkait