Pelajar Jeneponto Antusias Mengikuti Pendidikan Dasar Jurnalistik, Ketua Pewarta: Peserta Terbaik Ikut Diklat

  • Whatsapp

JENEPONTO – pantau24jam.com. Persatuan Wartawan Turatea (PEWARTA) mengadakan Pendidikan Dasar (DIKDAS) Jurnalistik bertempat di Gedung Sipitangarri Jalan Lanto Daeng Pasewang Kab Jeneponto, Rabu, 23/6/2021.

Peserta Pendidikan Dasar (DIKDAS) Jurnalistik terdiri dari Pelajar SD, SMP, SMA, SMK, Madrasah Aliyah dan Mahasiswa Jeneponto.

Kepala Badan Kesbangpol Jeneponto saat membuka acara

Kegiatan Peserta Pendidikan Dasar (DIKDAS) Jurnalistik dibuka oleh Bupati Jeneponto yang diwakili oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kab Jeneponto, Syarbini Mattewakkang Karaeng Lompo.

“Kegiatan ini dapat meningkatkan literasi bagi pelajar dan kedepannya untuk mengoptimalkan portal web milik sekolah sehingga lebih hidup dan bermanfaat secara baik”, ujar Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kab Jeneponto, Syarbini Mattewakkang.

Kepala Kesbangpol Jeneponto saat membawakan Materi

“Semoga melalui kegiatan seperti ini kita dapat sama-sama belajar dan meningkatkan kemampuan jiwa petualang kita dalam menulis pemberitaan dan terhindar dari berita Hoax yang dapat berpotensi memecah belah bangsa NKRI,” katanya.

Arifuddin Tompo membawakan materi

Sementara itu, Ketua Persatuan Wartawan Turatea (PEWARTA) Andi Zulkarnain mengatakan, kondisi saat ini yang masih dilanda oleh Pandemi Covid-19 dapat menjadi motivasi bagi para siswa untuk meningkatkan potensi menulis secara dalam jaringan (daring).

“Menulis itu mudah, yang susah itu adalah memulainya. Untuk itu setelah Dikdas ini Pewarta harap pelajar kita dapat meningkatkan potensi dan kemampuan menulis,” jelasnya.

“Selama ini khan, pelajar telah menggunakan ponsel pintar dengan chating di WA, facebook dan media sosial lainnya. Dari pengalaman itu maka perlu dibekali dengan pengetahuan membuat berita”, terangnya.

Selain itu, dengan kemampuan menulis. Literasi terwujud dan mengasah pola pikir yang mendidik dan anti hoax. Kegiatan dikdas jurnalistik ini agar jangan hanya berhenti kali ini saja, namun harus terus dilanjutkan ke jenjang Pendidikan Pelatihan (Diklat).

“Peserta Dikdas yang terbaik akan diundang dalam kegiatan ke jenjang Pendidikan Pelatihan (Diklat) Jurnalistik dengan pengalaman dan wawasan yang baru”, pungkas Ketua Pewarta yang akrab disapa Karaeng Pasang.

Kegiatan Peserta Pendidikan Dasar (DIKDAS) Jurnalistik pelajar Jeneponto tahun 2021 berlangsung dua hari, Rabu-Kamis 23 hingga 24 Juni. Hari pertama Teori dan hari kedua praktek.

Dikdas jurnalistik turut menghadirkan pemateri diantaranya Arifuddin Tompo SE dari Tabloid Suara Tipikor dan Wayang Sujati. S.Pd M.Pd dari Media Pendidikan.

Pendidikan Dasar (DIKDAS) Jurnalistik pelajar Jeneponto tahun 2021 juga didukung oleh Dinas Pendidikan dan Kab Jeneponto serta dari Serikat Media Online Republik Indonesia (SEKAT RI).

Daeng Tompo / Andiz

Pos terkait