Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan Buka Sosialisasi Penyajian dan Pengolahan Serba Ikan

Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan Buka Sosialisasi Penyajian dan Pengolahan Serba Ikan

Ket Foto : Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan Buka Sosialisasi Penyajian dan Pengolahan Serba Ikan.

Pantau24jam.com – Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan Hj.Titiek Sugiharti Surya, MPd didampingi Kepala Dinas Perikanan Ir. Hazairin, MM, Camat Tanjung Balai Idris, SH, Pengurus TP.PKK Kabupaten, Pengurus TP.PKK Kecamatan Tg. Balai, Pengurus TP. PKK Desa Asahan Mati, buka sosialisasi Penyajian dan Pengolahan Serba Ikan ( GEMARIKAN) bertempat di Aula Kantor Desa Asahan Mati, Kecamatan Tanjung Balai, Rabu (23/06/2021).

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Asahan Ir. Hazairin, MM dalam laporannya menyampaikan, tujuan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi Penyajian dan Pengolahan Serba Ikan yang dilaksanakan hari ini adalah sebagai salah satu upaya memasyarakatkan kebiasaan mengkonsumsi ikan untuk meningkatkan kecerdasan dan menjaga kesehatan tubuh serta sangat baik untuk pertumbuhan tubuh.

“Pelaksanaan sosialisasi ini selama satu hari dan diikuti 60 orang peserta  yang terdiri dari 20 orang perwakilan tingkat TK, 20 orang usia keluarga muda dan 20 orang dari TP. PKK Desa Asahan Mati,” terang Huzairin menutup laporannya.

Sementara itu Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan dalam sambutannya bahwa  Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang banyak manfaatnya. Kandungan nutrisi yang terdapat pada sepotong ikan memang sangat bermanfaat bagi tubuh. Salah satu kandungan penting yang sangat bermanfaat saat sahabat makan ikan adalah omega 3. Tak hanya banyak manfaatnya, ikan juga banyak jenisnya sehingga enak untuk dikonsumsi.

“Manfaat makan ikan adalah kandungan nutrisi untuk meningkatkan perkembangan otak, tulang, dan mencegah risiko penyakit kronis. Hal ini akan membuat kondisi tubuh tetap prima meski sudah dimakan usia,” ungkapnya.

Disamping itu Sosialisasi dan Pengolahan serba ikan dan gerakan Masyarakat makan ikan juga dimaksudkan agar semakin banyak warga yang mengkonsumsi ikan serta akan berkontribusi positif bagi pelaku usaha perikanan, apalagi jika gerakan ini diimbangi dengan peningkatan Program pemberdayaan dan perlindungan kepada pelaku usaha perikanan, tegas ketua TP PKK. 

“Gerakan ini merupakan  salah satu upaya dari Pemerintah Kabupaten Asahan untuk mengatasi masalah stunting, dimana seperti diketahui bahwa stunting merupakan masalah kekurangan Gizi Kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu yang cukup lama, yang berdampak pada kegagalan pertumbuhan anak,” jelas ketua TP. PKK.

Diakhir sambutannya Ketua TP. PKK menghimbau kepada Dinas Perikanan Kabupaten Asahan, Pengurus TP. PKK Kecamatan Tanjung Balai untuk berperan aktif  dalam mengikuti kegiatan sosialisasi penyajian dan pengolahan serba ikan yang digelar hari ini, karena TP.PKK memiliki peran penting dalam upaya pencegahan Stunting dan diharapkan kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang positif dalam meningkatkan konsumsi ikan dengan menyediakan produk olahan ikan yang disukai anak anak serta dengan harga terjangkau.

Pada Kesempatan ini juga Hj. Titiek Sugiharti menyerahkan Hadiah Lomba menggambar bertemakan Ikan tingkat Paud Desa Asahan Mati kepada Juara I Suhala, Juara II Fais Ahabi, Juara III Alif. (Hen)

Pos terkait