Kodim 1411/Bulukumba Laksanakan Panen Raya Tanaman Nilam

  • Whatsapp

BULUKUMBA – pantau24jam.com. Personel Kodim 1411/BLK telah melaksanakan panen raya tanaman Nilam di Dusun Pangi-pangi, Desa Swatani, Kec.Rilau Ale, Kab.Bulukumba pada hari Selasa 15 Juni 2021, yang dihadiri langsung oleh Letkol Arm.Joko Triyanto, S.Pd (Dandim1411/Blk), Kapten Kav. Andi Mapparanru (Pasi Ter Kodim 1411/Blk), Ahmad Kadir (LSM Citra Tani).

Sebelum pelaksanaan panen, Letkol Arm. Joko Triyanto, S. Pd. menyampaikan Puji Syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat pada pagi hari ini sehingga kita bisa berkumpul dalam pelaksanaan panen raya tanaman Nilam.

“Tanaman Nilam adalah salah satu tanaman yang sering ditemui di daerah Asia dan memiliki banyak manfaat. Nama lain dari Nilam adalah Pogostemon cablin”, ujar Dandim1411/Blk Letkol Arm.Joko Triyanto, S.Pd.

“Nilam sendiri sering ditemui di Indonesia, daunnya dimanfaatkan untuk bahan baku pembuatan minyak wangi-wangian dan obat tradisional untuk kesehatan”, jelasnya

Tanam Nilam ini berpotensi mensejahterakan petani karena dalam kurung waktu yang cukup singkat (sekitar 6 bulan) sudah bisa dipanen.

“Demlot Kodim 1411/Blk merupakan percontohan untuk pengembangan tanaman Nilam semoga ke depannya bisa kita kembangkan dan menghasilkan yang lebih baik lagi dan maksimal” ucap Letkol Arm. Joko Triyanto, S. Pd

Pada kesempatan itu juga Ahmad Kadir (LSM Citra Tani) menyampaikan bahwa untuk panen pertama ini, Kodim 1411/Blk diperkirakan mencapai hasil kurang lebih 8 Ton hasil panennya.

“Jadi ke depannya Kodim 1411/Blk sudah bisa menjadi pelopor untuk pengembangan tanaman Nilam, sehingga masyarakat khususnya Desa Swatani dapat menanam Nilam. Disamping itu, tanaman ini juga sangat membantu perekonomian karena cukup 3 Bulan saja untuk bisa panen ke-2 dan seterusnya”, pungkas Ahmad Kadir.

Karaeng Tiro / Andiz

Pos terkait