Kilas Nasional: PT TMI di Polemik Alpalhankam dan Relawan Ganjar Pranowo

Pantau24jam.com – Dua berita di kanal Nasional layak diangkat kembali pada Rabu, 2 Juni 2021. Pertama soal kehadiran PT Teknologi Militer Indonesia (PT TMI) dalam pengadaan alat peralatan pertahanan dan keamanan (alpalhankam) di Kementerian Pertahanan. Kedua soal munculnya relawan Ganjar Pranowo. Berikut rangkumannya.

Alpalhankam

PT Teknologi Militer Indonesia (PT TMI) buka suara ihwal keterlibatan dalam pengadaan alat peralatan pertahanan dan keamanan (Alpalhankam) Kementerian Pertahanan. Mereka mengatakan tidak ada satu kontrak pun dari Kementerian Pertahanan ke PT TMI.

“PT TMI tidak ditugaskan untuk pembelian atau pengadaan oleh Kementerian Pertahanan,” ujar Corporate Secretary PT TMI Wicaksono Aji dalam keterangan tertulis, Selasa, 1 Juni 2021.

Rodon mengatakan umumnya teknologi itu dikunci oleh prinsipal dalam proses transfer of technology. Dalam hal ini, PT TMI ia sebut berperan sebagai konsultan untuk membantu mencari alutsista terbaik dan agar tidak kecolongan dari sisi alih teknologinya.

“Bukan untuk pembelian atau pengadaan. PT TMI tidak berkontrak dengan Kemhan sama sekali,” kata Rodon.

Hal ini senada dengan pernyataan Corporate Secretary PT TMI, Wicaksono Aji, yang mengatakan bahwa PT TMI adalah wadah dari para ahli-ahli alutsista berteknologi canggih, ahli elektronika, dan teknokrat dalam negeri yang mempelajari dan alih teknologi (ToT) dalam proses pencarian alutsista terbaik.

“Peran PT TMI adalah menganalisa dan memberi masukan kepada pihak-pihak yang membutuhkan, baik itu pemerintah, pendidikan ataupun swasta dalam hal ToT,” kata Wicaksono.

Kehadiran PT TMI dikenalkan oleh Prabowo Subianto pada Rosobornexport, agen perantara resmi Rusia untuk ekspor dan impor produk teknologi pertahanan, pada 16 November 2020 lalu. Perusahaan ini menjadi sorotan seiring rencana Kementerian Pertahanan membeli alutsista yang dikabarkan senilai Rp 1.760 triliun dan akan dihabiskan dalam waktu tiga tahun mendatang atau hingga 2024.

Pos terkait