Manajemen Talenta Nasional

  • Whatsapp

JAKARTA – pantau24jam.com. Manajemen Talenta Nasional akan memiliki 3 ruang lingkup, yaitu seni dan budaya, olahraga, serta riset dan inovasi. Di bidang seni dan budaya bertujuan untuk menggali talenta seni dan budaya: seni rupa dan kriya, seni pertunjukkan dan teater, musik, film, bahasa dan sastra, fashion, kuliner, dengan target rekognisi karya di tingkat internasional serta terciptanya ekosistem industri seni dan budaya.

Di bidang olahraga, tujuannya untuk membentuk “Zohri Baru” di berbagai cabang olahraga olimpiade: Bulutangkis, Angkat Besi, Panjat Tebing, Panahan, Atletik, Dayung, Sepeda, Renang, Senam, dan Taekwondo, dengan target prestasi emas pada olimpiade 2020 sampai dengan 2044.

Di bidang riset dan inovasi, tujuannya untuk menumbuhkan talenta yang berkontribusi nyata untuk pengetahuan dan inovasi, dengan target peningkatan rasio SDM Iptek per 1 juta penduduk, jumlah teknopreneur, pemenang lomba (Olimpiade sains), serta raihan penghargaan internasional (Nobel Prize, Lasker Awards, Wolf Prize, Breakthrough Prize in Life Sciences).

Selanjutnya, alur pengembangan talenta bidang olahraga dimulai dengan tahapan seleksi dan scouting pada satuan Pendidikan formal dan non formal, selanjutnya tahapan identifikasi bakat, pengembangan bakat, hingga pembinaan untuk performa tinggi.

Sejak pertama mengikuti Olimpiade di Helsinki tahun 1952, Indonesia baru berhasil meraih medali emas pada cabang olahraga bulutangkis.

Capaian prestasi bulutangkis di ajang olimpiade terutama karena keberhasilan pembinaan atlet yang dikawal penuh oleh perusahaan swasta (PT Djarum).

Oleh karenanya, perlu strategi terobosan untuk melibatkan pihak swasta dalam pembinaan atlet (misalnya satu perusahaan membina satu cabang olahraga), dengan penyediaan insentif fiskal serta belanja perusahaan untuk cabang olahraga harus tax deductable.

Andi Maryam / Andiz

Pos terkait