Empat Warga Poso Tewas Dipenggal Kelompok Teroris di Desa Kalimago Lore Timur, Poso

POSO – pantau24jam.com. Empat Warga Poso Tewas Dipenggal Kelompok Teroris Empat orang warga di Desa Kalimago, Kecamatan Lore Timur, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, tewas dipenggal oleh Kelompok Teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT). Selasa, 11/5/2021.

Keempat orang tersebut merupakan petani di desa setempat, dengan inisial korban masing-masing MS (52), SS (61), P dan L.

“Awalnya, Satgas Madago Raya temukan 2 orang. Selanjutnya dalam penyisiran ditemukan lagi 2 orang, dalam keadaan meninggal dunia,” ujar Kabid Humas Polda Sulteng, Kombes Pol Didik Supranoto, kepada wartawan.

Didik mengatakan, untuk dua korban lainnya ditemukan jarak sekitar 200 meter dari lokasi pertama ditemukannya 2 korban inisial MS (52) dan Sim S (61) Nenek uban

Berdasarkan keterangan saksi kata Didik bahwa saat itu saksi bersama 2 rekannya lainnya sedang beraktivitas di kebunnya.

Selanjutnya didatangi 5 orang tak dikenal, yang menurut saksi salah satunya mirip Qatar, anggota MIT.

Sebelum 5 OTK tersebut mendekat, saksi langsung melarikan diri ke kampung dikarenakan ketakutan.

Selanjutnya melaporkan kejadian tersebut kepada aparat keamanan setempat, yaitu Polsek dan Satgas Madago Raya.

Sekitar pukul 10.15 WITA, personel dari Satgas Madago Raya bersama dengan Polsek setempat melakukan pengecekan ke lokasi kejadian

Di TKP tersebut ditemukan juga 2 warga Kalimago dalam keadaan meninggal dunia dengan kondisi satu jenazah terputus kepalanya.

“Saat ini TNI Polri masih melakukan pengejaran kepada kelompok tersebut. Sementara keempat jenazah telah dievakuasi,” pungkasnya.

Adapun kronologis kejadian

Pada Hari Selasa 11 Mei 2021 Pukul 70.00 Wita Sdr. Kila 25 thn, agama Kristen, suku Tator, alamat Desa Kalimago berangkat ke kebun, sebelum sampai kekebunya, Sdr. Kila melihat OTK di pimpin @ Qatar bersama 4 orang mengarah kekebun Sdr. Kila, karena Sdr. Kila hafal dengan wajah @ Qatar maka iya langsung melarikan diri.

Kemudian sempat singgah di Pondok Nenek Uban dan Papa Dewi untuk mengajak Lari, namun di jawab (tidak usah lari itu bukan OTK itu palingan anggota).

Sekira Pukul 09.00 Wita Sdr. Kila sampai di Desa Kalimago, langsung menyampaikan kepada warga kemudian warga langsung menghubungi Sdr. Imbing (teman Serka Sukardi/Babinsa) kemudian Serka Sukardi merapat ke TKP dan menghubungi Satgas yang ada di Wilayah Napu.

Sekira Pukul 10.00 Wita Serka Sukardi di temani warga merapat ke TKP dan sampai di perengan sebelah kebun korban terdapat satu motor Vega R milik Sdr. Kila yang rencananya di bakar oleh OTK.

Sekitar Pukul 11.00 Wita, 2 orang anggota Densus 88, bersama satu orang Polsek Napu di dampingi warga mengecek Pondok milik Sdr. Marten Solo dan mendapati Korban Sdr. Marten Solo dengan luka kepala terpisah dengan badan di dalam pondok, dan Sdr. Simson Susa dengan luka di gerek di leher tidak putus berada di depan Pondok.

Sekitar pukul 11.20 Wita Pasukan gabungan tiba di TKP dan masuk menutup jalan yang di perkirakan dilewati OTK. Pukul 13.40 Wita Heli Caracal tiba di TKP untuk mengevakuasi Korban di Perkebunan Puho Pondok Sdr. Simson susah.

Pukul 13.45 Wita Proses evakuasi korban selesai menuju lapangan bola Desa Kalimago. Pukul 13. 47 Wita Proses evakuasi Korban selesai.

Hingga saat ini, anggota gabungan masih melakukan penyisiran di sungai sekitaran Perkebunan Pohu.

Zoel / Andiz

Related posts