Menko Airlangga Hartarto: Pencairan THR ASN dan TNI-Polri H-10 Lebaran

  • Whatsapp

JAKARTA – pantau24jam.com. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) serta Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) akan dilakukan 10 hari jelang Lebaran atau H-10 Lebaran.

Namun, hingga kini aturan mengenai THR tersebut masih digodok Menteri Keuangan Sri Mulyani.

“Untuk (THR) ASN dan prajurit TNI-Polri ini juga difinalisasi oleh Ibu Menteri Keuangan dan dibayarkan H-10,” ujar Airlangga dalam konferensi pers. Senin, 19/4/2021.

Aturan THR bagi pekerja swasta, kata Airlangga sudah tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor M/6/HK.04/IV/2021 tentang Pelaksanaan Pemberian THR Keagamaan Tahun 2021 Bagi Pekerja atau Buruh di Perusahaan.

Berdasarkan surat tersebut, pemerintah mewajibkan perusahaan swasta memberikan THR secara penuh kepada pekerja paling lambat tujuh hari jelang Lebaran.

“THR untuk pekerja sudah ada SE Menaker 6 Tahun 2021 dibayar secara penuh dan paling lama dibayarkan H-7,” jelasnya

Dalam pelaksanaannya, Airlangga mengatakan pemerintah melalui Kementerian Tenaga Kerja akan membuat posko untuk memonitor pembagian THR kepada pekerja swasta.

Kemudian terkait program perlindungan sosial dan sembako, Airlangga mengatakan terus dilakukan. Pencairan dana Mei dan Juni sendiri bakal dibayarkan pada awal Mei.

Red

Pos terkait