Polantas Polres Jeneponto Tidak Segan Bertindak Atasi Aksi Konvoi Sepeda Motor Kelulusan Siswa

  • Whatsapp

JENEPONTO – pantau24jam.com. Dinas Pendidikan Kabupaten Jeneponto dibantu polisi melakukan antisipasi aksi konvoi sepeda motor para siswa bila telah ada pengumuman kelulusan SMP, SMA, SMK dan sederajat. Senin, 12/4/2021.

“Kami sudah meminta pengamanan kepada aparat Polresta supaya dapat ditindak,” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jeneponto Drs.Nur Alam, M.Si.

Drs.Nur Alam M.Si mengatakan pihaknya meminta kepada para orang tua agar dapat mengawasi anaknya yang lulus supaya tidak melampiaskan kegembiraan secara berlebihan.

Biasanya, kata Nur Alam, setelah pengumuman kelulusan, para siswa yang menggunakan sepeda motor langsung berkumpul dan melakukan konvoi keliling tanpa menggunakan helm dan kelengkapan mengendara lainnya.

Para siswa juga biasanya melakukan aksi coret baju menggunakan cat semprot atau spidol.

“Kadang siswa yang lulus melumuri rambut dengan cat yang sengaja dibawa dari rumah untuk disemprotkan kepada rekannya,” terang Nur Alam.

Tahun ini, Nur Alam berharap agar siswa tidak merusak pakaian sekolahnya. “Lebih baik disumbangkan kepada pihak yang memerlukan,” ujarnya.

Nur Alam pun berharap petugas kepolisian memberikan sanksi tegas kepada siswa yang lulus mengganggu lalu lintas dan sarana umum lainnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resort Jeneponto, AKP Muhammad Tamrin SE, MM mengatakan petugas akan menindak pelajar yang tidak menggunakan SIM atau membawa STNK jika berkendara di jalan raya.

“Siswa yang tidak membawa berbagai perlengkapan keselamatan, SIM dan STNK dipastikan terkena sanksi berupa tilang,” terangnya.

Hari ini Senin, (12/4/2021) sudah ada yang konvoi, baju dicat, tidak memakai helm dan kemungkinan besok lusa gerakan yang sama terulang lagi. Anggota polantas Polres Jeneponto sudah diperintahkan untuk tidak segan-segan bertindak.

“Hari ini sudah ada yang konvoi, pelajar ini yakin lulus, ini adalah jelas pelanggaran yang tidak boleh di tolelir dan sudah saya perintahkan anggota untuk menindak”, tegas Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resort Jeneponto, AKP Muhammad Tamrin SE, MM.

Zoel Karpas / Andiz

Related posts