Perguruan Beladiri INKAI Pengprov Sulsel, Gelar Donor Darah

  • Whatsapp

MAKASSAR – pantau24jam.com. Perguruan Beladiri Institut Karate-Do Indonesia (INKAI) Provinsi Sulawesi Selatan menggelar kegiatan Donor Darah. Bertempat Dojo Klinik Lifiyura Jalan Kapasa Raya NO. 39A Daya Kota Makassar. Ahad, 4/4/2021

Menurut Ketua Majelis Sabuk Hitam (MSH) INKAI Provinsi Sulawesi Selatan Shihan Victor Sondakh SE DAN 7, bahwa kegiatan Donor Darah bertujuan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) INKAI Ke-50 dengan Tema : “INKAI PEDULI BANGSA”.

“Kegiatan Donor Darah INKAI bertujuan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) INKAI Ke-50, kegiatan yang rutin dilaksanakan tiap tahun karena INKAI Sulsel Peduli Bangsa dengan partisipasi Sukarelawan mendonorkan Darah baik Senpai, Sensei Shihan dan pemerhati keluarga besar INKAI Sulsel Peduli”, ujar Menurut Ketua Majelis Sabuk Hitam (MSH) INKAI Provinsi Sulawesi Selatan Shihan Victor Sondakh, SE DAN 7.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Provinsi Institut Karate-Do Indonesia (INKAI) Sulawesi Selatan Ir.H.Abd Jalil Razak DAN 6 menyambut hangat atas partisipasi para pengurus INKAI, Karateka dan relawan yang rela berdonor darah.

“Pelaksanaan donor darah yang dilakukan saat ini sangat tepat di tengah keterbatasan persediaan darah di tengah pandemi Covid-19 dengan harapan 50.000 kantong darah se Indonesia, stock darah berkurang hingga 80%. Padahal ketersediaan darah yang mencukupi sangat dibutuhkan oleh penderita Thalassemia, penderita kanker, ibu melahirkan, korban kecelakaan, dan sebagainya,” jelas Ketua Umum Pengurus Provinsi Institut Karate-Do Indonesia (INKAI) Sulawesi Selatan Ir..H.Abd Jalil Razak DAN 6.

Amanah Ketua Umum Pengurus Pusat Institut Karatedo Indonesia (INKAI) Laksamana Muda TNI Dr. Ivan Yulivan, S.E., M.M., M.Tr.(Han)., CHRMP., CTMP.

“Tetap semangat latihan Karate dapat menambah imunitas dan kesehatan tubuh kita di masa pandemi Covid-19 dan ingat, kemampuan beladiri ini tidak untuk menjadikan diri kita sombong, melainkan digunakan untuk melindungi diri kita saat ada bahaya yang mengancam,” tutur Ketua Umum Pengurus Pusat Institut Karatedo Indonesia (INKAI) Laksamana Muda TNI Dr. Ivan Yulivan, S.E., M.M., M.Tr.(Han)., CHRMP., CTMP.

Pelaksanaan aksi donor darah di tengah pandemi Covid-19, yang belum tahu kapan akan berakhir, dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Setiap tempat tidur untuk pengambilan darah disemprot disinfektan setiap selesai digunakan pendonor sesuai standar penyelenggaraan donor darah yang ditetapkan Palang Merah Indonesia.

Saat menunggu giliran untuk diambil darahnya, para pendonor pun ditempatkan dalam jarak aman, wajib menggunakan masker dan membersihkan tangan dengan sabun atau handsanitaizer yang telah disiapkan.

Andi Zoel Karpas / Andiz

Pos terkait