Hilang Kontak, 8 Jam Berlayar Dari Bira Ke Selayar, KM Fery Bontoharu Berlabuh Pamatata Setelah Dikawal BASARNAS

  • Whatsapp

SELAYAR – pantau24jam.com. KMP Bontoharu akhirnya sandar manis di Pelabuhan Pamatata Kabupaten Kepulauan Selayar Sulawesi selatan. Sabtu, 3/4/2021 sekira pukul 00.20 Wita dini hari.

Diketahui, KMP Bontoharu berangkat dari Pelabuhan Tanjung Bira Kabupaten Bulukumba sejak Jumat (2/4/2021) menuju Pelabuhan Pamatata Kabupaten Kepulauan Selayar Sulawesi selatan.

Sebanyak 298 penumpang Kapal Motor Penumpang (KMP) Bontoharu akhirnya bisa bernapas lega setelah sempat terombang ambing dilaut bersandar di pelabuhan Pamatata Selayar pada Sabtu (3/4/2021) dini hari, atau terlambat 8 jam dari jadwal seharusnya.

KMP Bontoharu mengangkut 298 penumpang sempat dinyatakan hilang dipastikan terbawa arus cuaca buruk saat pelayaran dari Pelabuhan Bira, Kabupaten Bulukumba menuju Pelabuhan Pamatata, Kabupaten Kepulauan Selayar.

Seharusnya KMP Bontoharu tiba di Pelabuhan Pamatata, Kabupaten Selayar pada pukul 14.00 Wita, kecurigaan mulanya muncul lantaran kapal tidak kunjung berlabuh sesuai jadwal. Namun hingga pukul 17.00 Wita, KMP Bontoharu belum juga tampak.

Sebelumnya, BMKG sempat mengeluarkan peringatan terjadinya hujan deras dan angin kencang selama tiga hari mulai 1 April 2021 hingga 3 April 2021.

Hilang kontak, kapten kapal alih haluan
KMP Bontoharu pun dinyatakan hilang kontak. Kapten KMP Bontoharu mengambil keputusan mengalihkan haluan kapal dan berlayar ke arah berbeda untuk menghindari badai.

“Jadi nahkoda mengambil posisi yang pas karena kondisi arus belum pas untuk dilakukan perputaran kapal balik arah ke Pelabuhan Pamatata Selayar,” ujar General Manajer ASDP Cabang Selayar Ardian.

Tim Basarnas Makassar berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk melakukan pelacakan setelah mendengar KMP Bontoharu hilang kontak, dari pemantauan marine traffic, KMP Bontoharu bisa diketahui keberadaannya.

“KMP Bontoharu sudah dapat berkomunikasi dengan SROP Selayar ETA,” terang Kepala Kantor Basarnas Sulsel Djunaidi.

“KN SAR Kamajaya dengan jumlah crew 19 orang sudah menuju ke Perairan Selayar. Mereka akan melakukan intercept yaitu memotong jalur pelayaran untuk dapat segera menuju ke lokasi KMP Bontoharu 298 penumpang pun dipastikan dalam kondisi selamat,” pungkas Djunaidi.

Fadly Syarif / Andiz

Related posts