Pelepasan Ekspor Komoditas Pertanian Sebanyak 72 Jenis, Hasil Pertanian Senilai Rp. 220 Milyar

  • Whatsapp

JAKARTA – pantau24jam.com. Pelepasan Ekspor Komoditas Pertanian sebanyak 72 jenis hasil pertanian senilai Rp. 220 Milyar melalui Karantina Pertanian Tanjung Priok dan Soekarno – Hatta oleh Menteri Pertanian, Menteri Kemenko PMK dan Komisi IV DPR RI di JICT (Jakarta Internasional Container Terminal) Jl. Raya Pelabuhan RW. 04 Kel. Koja Kec. Koja Jakarta Utara. Jum’at, 2/4/2021 pukul 09.00 Wib

Kementrian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Muhadjir Efendi dalam sambutannya mengatakan, “Kita melepaskan komoditas ekspor pertanian ke berbagai tujuan negara pengimpor atas nama Kemenko PMK, saya mengucapkan terima kasih mendapatkan kesempatan untuk hadir disini.

“Walaupun Kementerian Pertanian tidak berada di dalam koordinasi Kementerian PMK tetapi banyak sekali tugas dan tanggung jawab dari Menteri Pertanian ini. Terkait langsung dengan program prioritas yang ada di kemenko PMK terutama sektor pertanian kita tahu bahwa sektor paling hulu dari semua produk pertanian adalah berasal dari petani”, ujar Muhadjir Efendi.

“Dan kita tahu bencana seperti yang sekarang kita ketahui bahwa ketika terjadi bencana alam maupun bencana non alam seperti sekarang ini wabah Covid 19 ini maka yang paling mudah jatuh menjadi orang miskin itu adalah para Petani, karena itu dengan kita mendorong ekspor seperti ini kita harap mata rantai proses dari komoditas ekspor ini akan betul-betul bersinggungan langsung dengan masyarakat paling bawah yaitu para petani otomatis juga akan ikut mengentas kemiskinan”, jelasnya.

Sementara itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, mengatakan “Apa yang menjadi tugas negara, apa yang menjadi perintah Presiden Menko PMK hadir menunjukkan bahwa seluruh menteri di kabinet dengan kerjasama yang apik berusaha mengoptimalkan semua langkah mengawal kepentingan negara bangsa”.

“Menuju hadirnya negara menjaga kepentingan rakyat yang ada hari ini, kami buktikan Pak Menko melepas di tempat ini di 2 Pelabuhan Tanjung Priok dan Soekarno-Hatta. Jenis komoditinya ada 50 lebih dan tujuan negara ada 42 tetapi hari ini melepas di 52 pintu-pintu pelabuhan di seluruh Indonesia”, tutur Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

“Ada 70 lebih komoditi dan komoditi kita komoditas kita itu dibutuhkan oleh dunia dan hari ini kita melepas kurang lebih nilainya 1,2 Triliun di 52 pintu yang di pelabuhan. Untuk di Pelabuhan Tanjung Priuk, ini kita lepas kurang lebih 220 miliar rupiah dan jenisnya macam-macam mulai dari tanduk rusa sampai macam-macam”, tandasnya.

Eksport kita maksimal terjadi karena adanya kerjasama semua pihak. Saya tegaskan lagi bahwa ini hasil kerja dari semua pihak bukan hanya dari Menteri. Kami akan terus berupaya mendorong semua sektor demi mengoptimalkan eksport. Pungkasnya.

Hasil pertanian yang akan di Eksport diangkut menggunakan Kapal KMTC Manila. Selain Menteri Pertanian, Kemenko PMK turut hadir rombongan Komisi IV DPR RI.

Turut hadir Yorrys Raweyai (Komisi IV DPR RI), Kolonel Inf Roynald Sumendap (Dandim 0502/JU), AKBP Putu Kholis Haryana (Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok/KP3), I Made Sudarmawan, SH, MH (Kejari Jakarta Utara), Arif Suhartono (Dirut Pelindo II), Ade Hartono (Dirut JICT), Mayor Inf Jauhari (Danramil 01/Koja) dan penanggungjawab kegiatan Dirut JICT Ade Hartono.

Andi Zoel Karpas / Andiz

Related posts