Dinas Pertanian Tulang Bawang Kunker Ke PT. Bina Sawit Makmur di Kampung Surya Adi Mesuji Kab Ogan Komering Ilir

  • Whatsapp

TULANG BAWANG – pantau24jam.com. Kepala Bidang Perkebunan, Nur Khasanah, S.P.,M.M dan jajarannya melakukan kunjungan kerja ke PT. Bina Sawit Makmur di Kampung Surya Adi Kecamatan Mesuji Kabupaten Ogan Komering Ilir Provinsi Sumatera Selatan. Rabu, 24/3/2021.

“Kunjungan ini dimaksudkan sebagai upaya pemenuhan ketersediaan bibit sawit untuk mendukung Program Peremajaan Kelapa Sawit Kabupaten Tulang Bawang Tahun 2021”, ujar Kepala Bidang Perkebunan, Nur Khasanah, S.P.,M.M.

Untuk mengetahui ketersediaan dan kualitas bibit sawit tersebut, Kabidbun beserta Tim Pendamping Kabupaten, Pendamping Kecamatan, dan Pendamping Desa Program PSR, Ketua dan anggota Gapoktan Sidojaya Kecamatan Penawartama melakukan kunjungan ke PT. Sawit Makmur.

“PT. Bina Sawit makmur ini merupakan anak perusahaan Sampoerna Agro yang begerak pada pembibitan kelapa sawit yang berdiri sejak Tahun 1992. Bibit-bibit unggulan kelapa sawit produksi PT. BSM berasal dari pohon induk yang teruji kemampuannya untuk menurunkan DxP Sriwijaya”, terangnya

Didukung sumber genetik unggul dan program pemuliaan yang mantap, PT. BSM memproduksi 6 (enam) varietas unggul kelapa sawit. Keenam varietas tersebut diberi nama DxP Sriwijaya 1 (Nigeria), Sriwijaya-2 (ghana), Sriwijaya-3 (Ekona), Sriwijaya-4 (Avros), Sriwijaya-5 (Dami Composit) dan Sriwijaya-6 (Yangambi).

Dari ke-enam varietas tersebut, Gapoktan Sidojaya selaku calon penangkar bibit sawit yang turut hadir di acara tersebut memilih Varietas Sriwijaya-5 (Dami Composit) sebagai varietas kelapa sawit yang akan dikembangkan di Kabupaten Tulang Bawang.

“Pilihan ini diambil dengan pertimbangan bahwa varietas ini lebih sesuai dengan karakteristik lahan dan alam Kabupaten Tulang Bawang dan juga populasi atau jumlah tanaman lebih banyak per satuan hektar lahan karena memiliki karakteristik dahan pendek”, pungkas Kepala Bidang Perkebunan, Nur Khasanah, S.P.,M.M.

Red

Pos terkait