Kodim 1425 MOU Bersama Pemda Jeneponto, Rehabilitasi Peningkatan Kualitas Rumah Korban Bencana Dan RTLH TA. 2021

JENEPONTO – pantau24jam.com. Kodim 1425/Jeneponto bersama Pemerintah Daerah Jeneponto kerja sama pelaksanaan Rehabilitasi Peningkatan Kualitas Rumah Korban bencana dan Rumah Tidak Layah Huni (RTLH) TA. 2021.

Penandatanganan kerjasama (MOU) tersebut bertempat di ruang pola panrannuangta kantor Bupati Jeneponto Jl. Lanto Dg. Pasewang Kel. Empoang Kec. Binamu Kab. Jeneponto. Senin, 22/2/2021 Pukul 10.00 Wita

telah dilaksanakan kegiatan penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) bersama Pemda dan Kodim 1425/Jeneponto terkait Kerja sama pelaksanaan Rehabilitas Peningkatan Kualitas Rumah Korban bencana dan Rumah Tidak Layah Huni (RTLH) TA. 2021

“Saya di berikan amanah hari ini untuk menjelaskan garis-garis besar tentang pelaksanaan MOU yang kami sudah tanda tangani, kedepan rencananya Bupati melalui Dinas perumahan dan Kodim akan melaksanakan satu program bantuan stimulan untuk rehab rumah bagi korban bencana alam dan tidak layak huni”, ujar Dandim 1425/Jeneponto Letkol Inf Gustiawan Ferdianto.

Sejumlah 23 rumah yang akan direhab dilaksanakan secara terbatas, tidak membangun dari nol sampai jadi rumah, akan tetapi istilah dari dinas perumahan yaitu ALADIN (Atap, Lantai dan Dinding).

“Itu salah satunya namun apabila penerima berkeinginan atau lebih dari pada Aladin tadi, itu bisa menambah dalam menggunakan anggaran sendiri yang disiapkan oleh pihak yang mendapatkan bantuan atau si pemilik rumah itu. Kodim hanya sekedar membantu memaksimalkan yang sudah ada dari di Dinas Perumahan dengan kemampuan yang ada dari anggota kami”, tandas Dandim 1425.

Sementara itu, Sambutan Bupati Jeneponto Drs.H.Iksan Iskandar M.Si mengatakan, beberapa agenda yang akan dilakukan secara bersama-sama terbatas pada jumlah dan target tetapi kalau bisa ini terus dikembangkan dan dianggarkan pada tahun yang akan datang.

“Sektor perumahan masih merupakan indikator kemiskinan untuk setiap wilayah oleh karena itu lakukan kegiatan ini dengan berbagai sektor termasuk mampu menghadirkan kegiatan yang tidak melalui APBD namun apakah CSR-CSR dari para pemodal yang ada di Jeneponto bekerja sama dengan Kodim untuk melakukan pembenahan-pembedahan berbagai macam rumah-rumah penduduk yang perlu mendapatkan perhatian”, terang Iksan Iskandar.

Mari kita bersama-sama melakukan operasi bedah rumah karena yang dioperasi bukan rumahnya siapa-siapa namun rumah penduduk yang dianggap layak untuk menerima bantuan. Diharapkan Dinas Perumahan dan Koramil atau Babinsa sebagai aparat terdepan bekerja sama mendata yang dianggap perlu mendapatkan bantuan yang betul-betul rumahnya sudah tidak layak huni.

“Selain itu, Dinas Kesehatan bisa bekerja sama melakukan kegiatan dengan Kodim karena ada beberapa aktivitas atau kegiatan yang harus ditangani bersama, juga Dinas Pendidikan ajak Kodim mencari berapa penduduk yang tidak tahu membaca di desa (by name by address). Bersama komandan Kodim berantas semua yang masih menjadi musuh-musuh pembangunan dan ketertinggalan istilahnya kesakitan atau jadi musuh kita sekarang adalah kebodohan karena kesejahteraan yang rendah serta kesehatan yang rendah ini harus ditangani secara terpadu dan terukur”, tegasnya

Sampai saat ini belum jelas bagaimana dampak daripada biaya yang kita keluarkan banyak hal termasuk kesehatan itu kepada semua yang terlibat di dalam perantara saya harapkan untuk ditindaklanjuti segera karena kita mau menuju kepada administrasi pemerintahan yang lebih baik.

“Pimpinan BAZNAS yang ada di daerah ini agar lebih meningkat dan diharapkan para kepala pimpinan SKPD ini melakukan pendekatan untuk dipungut biaya dari berapa program-program yang ada untuk dipergunakan pada kegiatan yang membangun dan positif”, ungkapnya

“Saat ini masyarakat sangat membutuhkan bedah rumah, air bersih dan kegiatan sosial lainnya yang tentunya demi kesejahteraan dan kesehatan masyarakat”, pungkas Bupati Jeneponto dua periode ini.

Turut hadir dalam Kegiatan, Bupati Jeneponto Drs. H. Iksan Iskandar M.Si, wakil Bupati Jeneponto H. Paris Yasir SE, Dandim 1425/Jeneponto Letkol Inf Gustiawan Ferdianto, Sekda Jeneponto Dr.dr. H.M. Syafruddin Nurdin, M. Kes, Para Pimpinan Pemerintah Daerah (PPD) se kab. Jeneponto, Para Camat se Kab. Jeneponto dan undangan.

Karpas / Andiz