Lagi, Kelompok Kriminal Bersenjata Papua Serang Warga Sipil Kemudian Foto dengan Jasad Korban

  • Whatsapp

PAPUA – pantau24jam.com. Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali melakukan serangan terhadap warga sipil. Kali ini, serangan terjadi di Kampung Sori, Distrik Aifat Timur, Kabupaten Maybrat, Papua Barat.

Dilansir dari Kompas.tv, Pelaksana Tugas (Plt) Kapolres Persiapan Maybrat, Kompol Bernadus Okoka Bernardus, mengatakan KKB melakukan serangan terhadap dua warga sipil.

Menewaskan seorang warga sipil berinisial OA. Sementara seorang lainnya berinisial KS mengalami luka serius. Saat ini, korban masih dalam perawatan intensif di rumah sakit.

Kompol Bernadus Okoka Bernardus mengatakan usai membunuh korbannya, pelaku sempat berfoto dengan jasad korban.

KKB lantas berupaya menyebarkan foto tersebut kepada masyarakat. Tujuannya, tak lain untuk meneror warga agar mereka merasa ketakutan.

“Setelah mereka melakukan pembunuhan terhadap warga, para pelaku ini foto bersama jasad korban. Kemudian foto itu mereka edarkan untuk meneror warga,” kata Bernadus dalam keteranganya. Selasa, 15/l2/2020

Tak hanya menyerang warga sipil, kata Bernadus, KKB juga merusak tiga kendaraan bermotor. Dari ketiga motor itu, satu di antaranya merupakan milik korban.

Sedangkan dua unit motor lainnya merupakan milik warga yang saat kejadian berada tak jauh dari lokasi.

Menurut Kompol Bernadus Okoka Bernardus, otak di balik serangan yang menewaskan korban jiwa ini diduga kelompok dari Komite Nasional Papua Barat (KNPB).

Bernadus menjelaskan, terkait serangan tersebut, polisi menerima laporan penganiayaan pada Jumat (11/12/2020) sekitar pukul 07.30 WIT.

Setelah mendapat laporan itu, polisi langsung mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) untuk mengevakuasi jasad korban.

“Polisi menerima laporan penganiayaan itu pada Jumat (11/12/2020) sekitar pukul 07.30 WIT,” jelas Kompol Bernadus Okoka Bernardus.

“Setelah mendapat laporan, Polisi langsung mendatangi lokasi kejadian untuk mengevakuasi korban. Korban terluka dibawa ke Rumah Sakit Umum Keyen Kabupaten Sorong Selatan.”

Sampai saat ini, polisi masih melakukan pengejaran terhadap pelaku. Dari kejadian ini, pihak kepolisian sudah mengamankan barang bukti berupa motor milik korban.

“Sementara polisi telah mengambil motor tersebut sebagai barang bukti,” ungkap Bernadus.

Lebih lanjut, Bernadus menjelaskan, serangan tersebut juga ternyata memiliki dampak, yakni berimbas pada jalannya pemerintahan daerah setempat yang terganggu.

Aktivitas pemerintahan di Kabupaten Maybrat diketahui sampai saat ini masih terhenti. Sejumlah kantor masih tutup hingga hari ini.

Tak hanya itu, aktivitas warga pun demikian. Sebagian besar masyarakat memilih untuk berdiam diri di rumah karena teror yang disebarkan oleh KKB membuat mereka ketakutan.

Bernadus mengatakan, pihak kepolisian sampai saat ini masih menyelidiki kasus yang menewaskan seorang warga itu. Sejumlah saksi pun, kata dia, telah diperiksa.

“Kita telah mengantongi identitas pelaku dan sedang melakukan pengejaran bersama TNI,” pungkas Bernadus.

Red

Related posts