Miris Kelakuan Pelit Oknum ASN Bagian Humas Pemda Maros, Jurnalis Minta Copyan Perda dan Perbup Tapi Harus Izin Sekda

  • Whatsapp

MAROS – pantau24jam.com. Salah seorang oknum staf Bagian Hukum Pemda Kabupaten Maros diduga tidak paham tentang pelayanan informasi kepada masyarakat khususnya informasi yang menyangkut produk hukum seperti Peraturan Daeran (Perda) dan Peraturan Bupati (Perbup).

Pasalnya saat beberapa media menemui oknum staf Bagian hukum pemda maros ia mengatakan bahwa harus ada izin Sekretaris Daerah Kabupaten Maros baru bisa keluar copyan perda dan perbup tersebut.

“Harus izin pak sekda dulu baru bisa dikasih keluar perda dan perbupnya,” ujar oknum pegawai Kabag Hukum.

Kalaupun harus seizin sekda apa dasar hukum regulasi seperti itu? jangan sampai hal tersebut hanya mempersulit masyarakat dalam mengakses Informasi.

Apalagi dokumen yang diminta itu bukanlah suatu dokumen yang sifatnya rahasia yang harus mendapatkan izin segala macam.

Jurnalis pun curiga oknum staf ini tidak mengerti apa itu yang di maksud Izin, orang minta perbup katanya harus ada borokrasi izin

Saat dikonfirmasi via whatsapp A.David Sekretaris Daerah Maros hanya mempertanyakan nama stafnya dan langsung mengalihkan ke kabag hukumnya.

“Siapa namanya? Langsung konfirmasi ke Kabag Hukumnya saja”, jawab Sekda Maros singkat

Mendengar hal ini Ketua Lsm Sorot Indonesia Ismar SH mengatakan bahwa ini jelas melanggar Hak konstisusional masyarakat.

Sebagaimana amanah UU No 14 Tahun 2008 Tentang keterbukaan Informasi Publik, Undang-undang Dasar 1945 Pasal 28F yang mengatur hak setiap orang untuk memperoleh dan menyampaikan informasi adalah hak konstitusional tiap-tiap warga negara.

Seharusnya perbub/perda itu setelah diundangkan harusnya disosialisasikan, disebarluaskan agar masyarakat mengetetahui keberadaan perbub/perda tersebut.

Bukan justru menyembunyikan atau mempersulit masyarakat, jangan-jangan staf kabag hukum tidak memahami tupoksinya dengan baik apalagi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Fajrin / Andiz

Related posts