Tidak Benar Pemecatan Keanggotaan Ambo Aha, Ini Penjelasan Sekertaris Umum KPMP Maros

  • Whatsapp

MAROS – pantau24jam.com. Adanya pemberitaan yang menyebutkan bahwa kader KPMP atas nama Pak Ambo Aha dikeluarkan dari keanggotaan KPMP Maros adalah informasi yang tidak benar.

“Pemberitaan ini ramai diperbincangkan pasca demosntrasi yang dilakukan anggota kami Pak Ambo Aha yang turun aksi bersama masyarakat Maros (Kamis, 12/11/20) yang dalam aksinya menuntut agar kepolisian dan kejaksaan Negeri Maros melakukan pengusutan dugaan tindak pidana korupsi yang diduga melibatkan Bupati Maros”, ujar Sekretaris Umum KPMP Alfian Palaguna, S.H.

Justru dengan bergabungnya Pak Ambo dalam gerakan tersebut secara kelembagaan KPMP Maros berterima kasih dan bangga kepada beliau (Ambo Aha, red) karena telah menjaga eksistensi KPMP dalam melakukan control kepada Pemerintah Maros.

“Kalaupun ada anggota yang diduga menyalahi aturan main organisasi saya kira ada mekanisme pemecatan yang harus dijalankan secara musyawarah oleh pengurus dan proses administrasi yang terstruktur dan sistemik dari kabupaten ke Provinsi hingga ke pusat”, terangnya

“Yang perlu diketahui oleh pengurus kabupaten bahwa KPMP ini merupakan organisasi struktural, kabupaten hingga Pengurus Besar. Berkenaan pemecatan status keaggotaan yang berwenang melakukan hal tersebut adalah Pengurus Pusat bukan Kabupaten dan yang memberhentikan status sebagai pengurus kabupaten adalah Pengurus Besar dan Pengurus Provinsi karena Pengurus Kabupaten itu tidak meng-SK-an dirinya sendiri sebagai pengurus. Ini yang harus pahami oleh teman-teman pengurus di kabupaten”, ungkap Alfian Palaguna.

Jadi pemecatan itu dapat dilakukan ketika mekanisme pemberhentian anggota dan administrasi organisasi sepenuhnya sudah dijalanlan dan disepakati oleh Pengurus Pusat dan pengurus Provinsi.

“Kesimpulannya, klaim pemecatan terhadap pak ambo sebagai anggota dan pengurus Cabang tidaklah benar, dan saya menganggap tidak ada yang salah atas apa yang dilakukan Pak Ambo. Justru mendeglarasikan paslon atas nama lembaga itu jelas melanggar Independensi dan AD/ART Organisasi”, tandasnya

Adapun issue miring yang disematkan kepada mereka peserta aksi saya kira itu adalah bagian dari upaya oknum untuk menggembosi dan melemahkan Gerakan dan tuntutan para peserta aksi.

Yang pastinya demonstrasi yang dilakukan masyarakat Maros merupakan hal yang konstitusional. Dan sekali lagi saya tegaskan KPMP Maros secara kelembagaan tidak berwenang melakukan pemecatan keanggotaan KPMP dan sampai detik ini Ambo masih tercatat sebagai pengurus”, pungkasnya.

Fajrin / Andiz

Related posts