Hari Ini Mall Pelayanan Publik Ke-29 Akan Diresmikan Oleh Menteri Tjahjo Kumolo, Tuba Pecahkan Rekor Di Provinsi Lampung

  • Whatsapp

TULANG BAWANG – pantau24jam.com. Mall Pelayanan Publik Kabupaten Tulang Bawang hari ini akan diresmikan oleh Menteri PANRB Tjahjo Kumolo.

“Yaa alhamdulilah Insya Allah akan di resmikan Mall Pelayanan Publik Kabupaten Tulang Bawang pada hari ini Rabu, 4 November 2020”, ujar Kabid Kominfo Rizalman Pii. Rabu, 3/11/2020.

Untuk persiapan segala kebutuhan sudah tidak ada kendala apa pun saat peresmian, diharap agar masyarakat yang ada di kebupaten Tulang Bawang tidak akan susah lagi membuat surat izin”, jelas Rizalman.

Terbentuknya mall pelayanan publik yang ada di Kabupaten Tulang Bawang saat bunda Winarti dengan sapaan akrapnya Bupati Tulang Bawang

Melihat seorang ibu-ibu yang sedang hamil naik bangku kayu saat mengurus keperluan administrasi kependudukan di kantor disducapil lama.

“Agar pengurusan perizinan cepat dan mudah, diharap masyarakat merasa nyaman dengan pelayanan yang ada di Kabupaten Tulang Bawang”, terangnya.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo bersama Bupati Tulang Bawang Winarti, dijadwalkan meresmikan MPP ke-29 di Indonesia tersebut hari Rabu (4/11).

Sementara ini, sebanyak 159 jenis layanan dari 12 organisasi perangkat daerah (OPD) telah bergabung di MPP Kabupaten Tulang Bawang, dan siap melayani masyarakat sekitarnya.

Selain itu, terdapat sarana dan prasarana penunjang pelayanan yakni ruang laktasi, area bermain anak, musala, dan lain-lain. Tentunya juga tersedia fasilitas bagi masyarakat berkebutuhan khusus, antara lain kursi roda, toilet, dan ram atau jalan landai.

Pusat pelayanan terpadu ini merupakan MPP keenam di pulau Sumatera yang menyusul kehadiran MPP Kota Payakumbuh, Kota Padang, Kota Batam, Kota Pekanbaru, dan Kota Banda Aceh. MPP Kabupaten Tulang Bawang berlokasi di Jalan Lintas Timur Km. 112, Tiuh Tohou, Kecamatan Menggala.

Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa menjelaskan, MPP didirikan untuk memberi kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan, dan kenyamanan kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan.

“MPP juga meningkatkan iklim investasi dan Ease of Doing Business (EoDB) atau kemudahan berusaha di Indonesia,” jelas Diah.

Pemerintah sebagai regulator dan penyelenggara pelayanan memiliki peranan sentral dalam pembangunan nasional. Untuk itu, pemerintah daerah dituntut untuk terlibat secara aktif dan inovatif sebagai fasilitator yang mampu merangsang investor untuk menanamkan modalnya di daerah.

Meningkatnya investasi di daerah tentu akan membuka lapangan pekerjaan, sehingga memacu pertumbuhan ekonomi dari daerah.

Sebelumnya, Bupati Tulang Bawang telah menandatangani komitmen pembentukan MPP pada tanggal 27 Maret 2019. Pembangunan MPP Tulang Bawang merupakan bukti komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Tulang Bawang dalam mendorong percepatan pembangunan daerah.

MPP yang telah beroperasi pada tahap uji coba pada 14 Maret 2019 tersebut akan membentuk sinergisitas positif antara pemerintah daerah, masyarakat, dan sektor swasta.

Jum / Andiz

Related posts