Permandian Muara Sungai Hutan Mangrove Bungku Toko Depan PELINDO V Kendari, Kian Diminati Wisatawan Domestik

  • Whatsapp

KENDARI – pantau24jam.com. Salah satu obyek wisata yang kian diminati masyarakat Kota Kendari adalah muara Sungai Bungku Toko yang terletak depan Kantor PELINDO V Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara.

Keberadaan muara sungai Bungku Toko menjadi permandian alam telah berlangsung lama, hanya saja selama ini belum begitu terkenal. Nampak sepanjang sungai ada hutan Mangrove yang membuat sejuk aliran sungai.

Salah seorang warga Baruga Kota Kendari, Amirullah mengatakan bila muara sungai Bungku Toko mulai terkenal hanya dari berbagai informasi dan media sosial. Pengunjung ramai di pagi hari dan sore hari.

“Kita taunya dari informasi media sosial, WA dan facebook. Saking kita penasaran, kita ajak teman-teman sekaligus mandi-mandi ternyata airnya hangat bahkan ada juga dingin tapi asin”, ujar Amirullah.

Obyek Wisata alam muara sungai Bungku Toko telah menjadi destinasi wisata alam terbaru, keberadaanya mampu menarik perhatian wisatawan baik lokal sulawesi tenggara maupun luar daerah.

Salah satunya pengunjung dari Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan, Bakri Karaeng Tompo. Warga Malolo Kelurahan Empang Utara Kec. Binamu Jeneponto ini mengaku sangat menikmati permandian alam Bungku Toko.

“Alhamdulillah, tadinya saya ragukan keindahannya namun setelah saya berenang dan ternyata airnya sangat sejuk. Permandian alam Bungku Toko ini mestinya diperhatikan oleh Pemda, apalagi berhadapan dengan Kantor Pelindo V Kendari yang mungkin saja ada CSR nya untuk pengembangan”, tutur Bakri. Ahad, 1/11/2020.

Pantauan media ini, pedagang berjejeran menjual aneka jajanan diantaranya pisang goreng, kopi, teh dan lainnya. Sebelum mendekati lokasi permandian ada 2 petugas pos jaga yang meminta biaya masuk lokasi sebesar Rp 5000 per mobil dan Rp 2000 per motor namun tidak diberi karcis.

Selain itupula, beberapa pengunjung mengeluh tidak adanya tempat buang air besar, yang ada hanya tempat buang air kecil. Juga tidak tersedia Mushollah, pengunjung pun memilih sholat di Masjid Babussalam PELINDO V. Namun Toilet Masjid Babussalam dikunci untuk umum, hanya tersedia kran air di samping kantor untuk wudhu.

Kantor PELINDO V sebelah kanan dan permandian di sebekah kiri

Alim / Krg Pasang / Andiz

Related posts