Artis Haji Bolot Diam-diam Punya 10 Rumah Mewah dan 13 Mobil, Tak Pernah Mau Pamer Harta

  • Whatsapp

JAKARTA – pantau24jam.com. Haji Bolot mengaku malu memamerkan kekayaannya, ia justru pilih ogah diekspos.

Jarang terekspos dan tak mau pamer, Haji Bolot ternyata punya 10 rumah mewah dan 13 mobil, komedian senior yang masih sering wira-wiri di TV, lelaki bernama asli Muhammad Sulaeman Harsono ini sudah barang tentu memiliki rumah mewah dan harta berlimpah.

Pernah satu waktu dia ditawari salah satu stasiun TV untuk mengulas rumahnya. Namun, tawaran ini ditolak secara halus oleh komedian 78 tahun tersebut.

“Gue malu, rumah gue kecil, gubug. Gue bilang aja begitu. Ngapain kita mau pamer-pamer, mau bangga-banggain dunia kita. Kebanyakan teman-teman (artis) mau pamer, rumah mewah, mobil mewah, ikan jutaan. Kalau gue mah nggak kepengin pamer,” kata Haji Bolot kepada Deddy Corbuzier dalam podcast YouTube Deddy Corbuzier, Kamis (29/10/2020).

“Pamer harta atau riya, dilarang dalam Islam”, ujar haji Bolot.

Dia mengaku sudah cukup bersyukur mampu membahagiakan keluarganya.

“Gua kalau mau bikin rumah Rp 20-30 miliar, sanggup. Tapi gua nggak mau senang sendiri. Gua pengin senang keluarga gua, saudara gua. Urusan mati kan yang kita bawa amal perbuatan,” ucap Haji Bolot.

Dengan uang Rp 20-30 miliar, istana yang dibangun haji Bolot bisa menandingi artis dengan rumah mewah dan luas seperti Muzdalifah, Raffi Ahmad, dan lainnya.

Dari kariernya di dunia hiburan, Haji Bolot mengaku sudah bisa membuatkan rumah untuk 10 orang anaknya, ibu mertua, dan saudara-saudaranya yang lain.

“Segini aja gue udah bahagia. Bahagianya apa, gue rumah aja 10, bikin rumah buat anak, ada anak tiri, gua bikinin semua. Mertua gua, mpoknya istri gua, saudara gua, gua bikinin semua,” imbuh Hajo Bolot.

“Gue demi Allah, dapat rezeki dari shooting, yang pantas gue bikinin rumah, gue bikinin. Lu punya rumah apa belum, belum pergi haji, gue naikin haji,” tambah Haji Bolot.

Selain itu, Haji Bolot kini sudah punya 13 mobil. Bukan buat dirinya, tapi untuk anak-anaknya.

“Walau gue artis kampungan, mobil gue banyak, 13. Paling tinggi yang harga Rp 300 juta. Yang lain paling harga pekgo (Rp 150 juta). Buat apa sih mobil mewah-mewah, jalan macet, senggol dikit lecet, mahal. Mending mobil yang masuk harga pekgo,” tutur Haji Bolot.

Haji Bolot Punya 142 Kontrakan

Meniti karier dari nol, sosok Haji Bolot yang kini jadi salah satu pelawak terkemuka di Tanah Air mengungkapkan kisah hidupnya. Sebelum menjadi pelawak top, Haji Bolot ternyata pernah hidup susah dan menderita.

Haji Bolot yang kini sukses di usia senjanya, siapa sangka dahulu juga pernah menjadi buruh pelabuhan.

Namun itu cerita dulu, kini Haji Bolot mengisahkan ke Raffi Ahmad, Nagita Slavina, dan Billy Syahputra jika dia memiliki 142 kontrakan. Pengakuan Haji Bolot itu ketika ia menjadi bintang tamu di acara Okay Bos.

“Memang benar katanya ada kontrakan juga, bisnis yang lain?” tanya Nagita Slavina dikutip dari kanal YouTube Trans7 Official berjudul “Malih-Bolot, Sang Legenda”, Sabtu (25/7/2020).

“Alhamdulillah kalau kontrakan lumayan cukup dah buat makan. Cuma 142 (kontrakan)” jawab Haji Bolot.

Selain itu, fakta menarik tentang Haji Bolot juga terungkap. Rupanya, ia tidak pernah membeli barang secara kredit, mulai dari rumah hingga mobil.

“Cash (kalau membeli apa saja), ya kalau enggak punya duit jangan beli.

“Orang artis jangan suka kredit, apalagi artis bisa ada (uang) sekarang, bisa enggak ada besok,” terang Haji Bolot.

Asal Usul Nama Bolot

Sebelumnya, Haji Bolot sempat menceritakan masa lalunya bekerja sebagai buruh di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Nama panggung pekerjaan tersebut dilakukannya pada tahun 60-an, di mana saat itu dia merasakan hidup susah.

“(Jadi) buruh benar di Pelabuhan Tanjung Priok, itu tahun 60-an. Gue dulu orang yang paling blangsak, susah dulu,” ucap Haji Bolot.

“Jadi buruh waktu masih bujangan, gaji Rp 20 perak, satu hari. Yang penting gue bisa masuk ke pelabuhan, enggak ngurusin gaji dah,” kata Haji Bolot menambahkan.

Siapa yang tak mengenal komedian senior Haji Bolot. Di usianya yang tak lagi muda, pamornya sebagai pelawak masih saja mengocok perut para penonton.

Semua berawal saat Raffi Ahmad mengonfirmasi perihal nama asli komedian berusia 78 tahun ini.

“Betul (namanya Muhammad),” ujar Haji Bolot seperti dikutip Kompas.com dari YouTube Trans7 Official, Sabtu (25/7/2020).

Kemudian, Raffi Ahmad dan host lain mempertanyakan dari mana nama Haji Bolot itu disematkan. Haji Bolot menjawab bahwa nama Bolot itu sempat dicetuskan oleh sang nenek kepadanya. Bahkan, arti nama Bolot sendiri bukan tak bisa mendengar melainkan orang yang dakian.

“Sebenarnya ya, nama gue kan dilahirkan namanya Muhammad”, jelasnya

Begitu udah 7 tahun, 8 tahun, nenek gue orang Jawa. Gue cucu paling kesayangan sama nenek gue, eh dikata, ‘Kamu jangan main ujanan, entar bolotan’, Bolot itu bukan budeg, daki,” tandas Haji Bolot.

”Oh, arti Bolot itu bukan budek tapi dakian, gara-gara nenek,” ujar Raffi Ahmad menimpali.

Haji Bolot juga menuturkan, ia memakai nama tersebut ketika membentuk sebuah grup lawak. Kala itu, ia enggan memakai namanya dan kemudian menggantinya dengan Haji Bolot.

“Begitu gue main lenong juga masih pakai nama Muhammad, panggilannya Mamad. Begitu gue bikin grup lawak, kalau gue pakai nama Muhammad kebagusan, nama Bolot gue pakai,” tutur Haji Bolot.

(Andi Maryam / Kompas.com)

Pos terkait