Hasil Survei Selama Covid 19, Konektivitas Sosial Virtual Antar Rekan Kerja Sangatlah Penting

  • Whatsapp

Penulis oleh : Ainur Rofiq S.E

JAKARTA – pantau24jam.com. Hasil Survei Prilaku Pekerja di Perusahaan Saat Covid oleh Federasi Serikat Pekerja BUMN Bersatu yang dilakukan sejak 4 Oktober sd 16 Oktober 2020 dengan mengambil sampel sebanyak 1225 Karyawan di beberapa perusahaan yang terpilih ,survei ini mengunakan metode stratified random sampling dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan memiliki margin of error +/- 2.7 persen.

Dari temuan survei ditemukan tentang sentimen karyawan mengungkapkan bahwa produktivitas dapat dipertahankan dengan sangat baik dalam pengaturan kerja virtual atau hybrid,survei juga menunjukkan bahwa ada minat yang signifikan terhadap cara kerja yang fleksibel di antara karyawan, serta meningkatnya keterbukaan dari para manajer. Ketika metode kerja menjadi semakin jauh atau hibrida setelah pandemi COVID-19, pertanyaan kunci bagi perusahaan adalah bagaimana mempertahankan dan meningkatkan produktivitas ini di tempat kerja di masa depan.

Terlepas dari kecepatan perpindahan ke kerja jarak jauh (WFH) dan skalanya dalam survei menemukan pandemi memaksa pemberi kerja/pengusaha untuk memindahkan sekitar 66% karyawan ke pekerjaan jarak jauh), sekitar 84,3% karyawan mengatakan bahwa selama beberapa bulan pertama krisis, para pekerja sebenarnya mampu mempertahankan atau meningkatkan produktivitas yang mereka rasakan pada tugas-tugas individu (seperti menganalisis data, menulis presentasi, atau melaksanakan tugas-tugas administratif).

Sementara karyawan mengerjakan tugas kolaboratif (seperti pertukaran dengan rekan kerja, bekerja dalam tim, atau berinteraksi dengan klien), jumlahnya lebih rendah, meskipun masih lebih dari 51 persen lebih

Dari survei juga didapatkan bahwa dari semua responden mengatakan bahwa mereka telah mampu mempertahankan atau meningkatkan produktivitas mereka. Ini berlaku di seluruh wilayah di Indonesia dan baik untuk karyawan yang bekerja dari jarak jauh maupun bagi mereka yang berada di lokasi.

Dapat disimpulkan bahwa Ternyata konektivitas sosial adalah elemen penting yang memungkinkan kami menjadi produktif saat berkolaborasi di tempat kerja.

“Jadi, untuk perusahaan mana pun yang ingin beradaptasi dengan tempat kerja virtual atau hibrida baru / di tempat, mempromosikan konektivitas sosial virtual antar rekan kerja sangatlah penting”depan

Dari temuan survei didapati juga bahwa selama adanya pandemic telah memaksa karyawan untuk bisa menerapkan budaya efisiensi dalam perusahaan artinya ini menjadi hal yang posistive bagi perusahaan untuk masa depan.

Namun setelah pandemik diperkirakan akan banyak perusahaan menjalankan operasional kerjanya secara virtual atau menerapkan kerja Work For Home terhadap karyawannya ,dan ini tentu akan mengurangi space perkantoran atau ruang kerja yang tersedia bagi perusahaan maka dampaknya akan banyak perkantoran yang disewakan akan berkurang volumenya atau jasa sewa perkantoran berlebih di Indonesia.

Ainur Rofiq S.E
Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan FSP BUMN Bersatu.

Pos terkait