Disaksikan Bupati, Kakankemenag MOU Antara Pengadilan Agama dan Dukcapil, Integritas Data Isbat Tertib Administrasi

  • Whatsapp

JENEPONTO – pantau24jam.com. Suatu inovasi yang sejak dua tahun yang lalu digagas yang diprakarsai tiga instansi antara Pengadilan Agama, Kementerian Agama dan Dinas Kependudukan dan catatan sipil Jeneponto, tahun ini terwujud dalam bentuk MOU di ruang Pola Pangrannuanta Kantor Bupati Jeneponto. Senin, 26/10/2020.

Dari hasil sidang isbat keliling yang dilaksanakan Pengadilan Agama bekerjasama KUA Kecamatan se Kab. Jeneponto dan pemerintah desa. Perjanjian Kerjasama (MOU) ini bertujuan untuk mengefektifkan fungsi dan peran dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Penandatangan ini disaksikan langsung Bupati Drs.H. Iksan Iskandar, M.Si dan Sekretaris Daerah Dr.dr.H.Syafruddin Nurdin, M.Kes, Kepala Kantor Kementerian Agama H.Saharuddin dan Kepala Seksi Bimas Islam H. Khaeruddin, Ketua Pengadilan Agama Muhammad Imron dan beberapa hakim Pengadilan Agama dan seluruh pimpinan OPD, Camat se Kab. Jeneponto

Ketua Pengadilan Agama mewakili dua instansi terkait Kemenag dan Dukcapil membacakan ruang lingkup pemanfaatan kerjasama antara lain Integritas data perceraian dan isbat nikah, penyampaian salinan /petikan putusan/penetapan, pelayanan sidang keliling, isbat wakaf dan sosialisasi/penyuluhan.

“Semua perkawinan yang tercatat, dan yang berubah dokumen kependudukan (status) dan penerbitan dokumen kependudukan dalam hal fungsi dan kewenangan masing-masing sesuai bunyi pasal 4 (tugas dan tanggung jawab) dari 3 instansi tersebut”, ujar Muhammad Imron Ketua Pengadilan Agama Kab Jeneponto

Bupati Jeneponto sangat mengapreseasi hal ini dengan adanya kerjasama ini akan lebit tertib secara administrasi dalam penerbitan dokumen secara sah berdasarkan regulasi yang berlaku.

“Kepada OPD untuk mendukung hal ini, dengan tahun ini sosialisasi maka tahun berikutnya kita cetus kerjasama dengan instansi lain yang terkait langsung dengan MOU dan jika satu rasa dan satu cita maka jeneponto akan mudah mencapai tujuan bersama”, jelas Drs.H.Iksan Iskandar, M.Si.

“Dan lebih dipertegas lagi jangan hanya sebatas seremonial saja akan tetapi ketiga instansi Kemenag, PA dan Dukcapil masing-masing dan melakukan apa yang menjadi kewajibannya”, harap Bupati Jeneponto Drs.H. Iksan Iskandar, M.Si

Fahriah / Krg Pasang / Andiz

Pos terkait