Istri Hakim Pengadilan Medan Divonis Hukum Mati

MEDAN – pantau24jam.com. Ruang sidang cakra 8 pada Pengadilan Medan menjadi saksi atas putusan melis hakim yang dipimpin oleh Erin Tuah Damanik.

Dalam putusannya hakim ini menyebutkan : “terdakwa Zuraida Hanum (istri hakim Jamaluddin) terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana pembunuhan sebagaimana dimaksud dalam pasal 340 KUHP”.

Melewati proses panjang, proses persidangan kasus pembunuhan Hakim Pengadilan Medan Jamaluddin hari ini divonis hukuman mati. Rabu, 1/7/2020

Putusan hakim menyebutkan, ”menolak pledoi dari terdakwa dan menjatuhkan pidana mati kepada terdakwa (Zuraida Hanum)”

Jaksa penuntut umum dari Kejaksaan negeri Medan mengajukan tuntutan hukuman seumur hidup terhadap terdakwa. Atas putusan ini kuasa hukum terdakwa Onan Purba SH MH menyatakan akan konsultasi dengan klien (Zuraida Hanum).

Perkara ini menjadi perhatian masyarakat luas khususnya warga kota Medan karena tidak menduga pelaku merupakan istri dari korban.

Gara-gara cemburu karena diselingkuhi, istri kedua Hakim PN Medan, Zuraida Hanum (41) mendalangi pembunuhan suaminya. Menurut dugaan polisi, Zuraida yang merancang pembunuhan dan merekrut dua orang eksekutor untuk membunuh suaminya.

“Istri korban merekrut kedua pelaku eksekutor untuk menghabisi nyawa korban,” ucap Kapolda Sumut, Irjen Martuani Sormin, Rabu (8/1/2020).

Dalam kasus ini, polisi mengamankan tiga orang tersangka antara lain Zuraida Hanum dan eksekutor yakni M Jefri Pratama (42) dan M Reza Fahlevi (29).

Hakim Pengadilan Negeri Medan Jamaluddin (55) sudah tak bernyawa di dalam mobilnya, di jurang, di Deliserdang, Sumut, Jumat (29/11/2019) pukul 13.30 WIB.

Saat ditemukan, jenazah Jamaluddin sudah membiru dengan kondisi terbaring di posisi bangku belakang. Pihak kepolisian menyatakan bahwa pembunuhan terhadap Jamaluddin dilakukan secara terencana.

Datuk / Andiz

Pos terkait