BMI Bubarkan Paksa Aksi Aliansi Mahasiswa Yang Memperingati Hari Kemerdekaan 1 Juli 1971 Ke-49 Bangsa West Papua

MAKASSAR – pantau24jam.com. Aliansi Mahasiswa dan Rakyat Papua mengadakan aksi unjukrasa sekaligus memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan 1 Juli 1971 Ke-49 Tahun dan Kedaulatan Bangsa West Papua di depan Kampus Univ. Muslim Indonesia (UMI) Jl. Urip Sumoharjo Kel. Pampang Kec. Panakkukang Kota Makassar. Rabu, 1/6/2020 pukul 16.17 Wita.

Sekira 100 orang lebih dari Aliansi Mahasiswa dan Rakyat Papua yang dipimpin oleh Marco Pahabol sebagai koordinator aksi dari mahasiswa asal Papua, didampingi Yahukimo sebagai juru bicara aksi.

Peserta aksi tampak meneriakkan Papua Merdeka, dan langsung dibubarkan paksa oleh gabungan Sapma Pemuda Pancasila (PP), BMI dan Laskar Merah Putih yang dipimpin di koordinir Zhulkifli Ketua Brigade Muslim Indonesia BMI.

Aktivis Aliansi Mahasiswa dan Rakyat Papua menuntut Negara Republik Indonesia harus mengakui bahwa TPNPB/ TPN-OPM dan Organisasi militer lainnya adalah Pejuang Kemerdekaan Papua Barat, bukan Kelompok atau Pelaku Kriminal Bersenjata seperti yang
selalu diberitakan.

“Segera Tarik Militer (TNI-POLRI) organik dan non-organik dari seluruh tanah Air Bangsa Papua Barat, segera hentikan dan tutup seluruh aktivitas eksploitasi Sumber Daya Alam Rakyat di Papua Barat oleh perusahan-perusahan Multi Nasional Company (MNC) milik negara-negara Imperialis, seperti; PT.Freeport, BP-LNG Tangguh, Medco, Corindo dan lain-lain dari seluruh tanah Papua Barat”, ujar Marco Pahabol sebagai koordinator aksi.

BMI didepan pagar kampus UMI

“Segera buka seluas-luasnya akses jurnalis lokal nasional dan internasional ke tanah Papua Barat. Segera Berikan Hak Menentukan Nasib Sendiri sebagai Solusi Demokratis bagi Bangsa Papua Barat. Bebaskan seluruh Tahanan Politik Papua Tanpa Syarat dan Tolak Otomomi Khusus (OTSUS)”, terang juru bicara Yahukimo.

Pada pukul 16.20 Wita, peserta aksi dibubarkan paksa oleh gabungan tandingan aksi dari Sapma PP, BMI Dan Laskar Merah Putih, Brigade Muslim Indonesia.

Tim Unit Gabungan Polrestabes Makassar, Memediasi Mahasiswa Papua yang berada di dalam Kampus UMI Makassar untuk segera mengosongkan Kampus UMI,

selanjutnya peserta aksi diamankan ke Polrestabes Makassar, untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan Aliansi Mahasiswa dan Rakyat Papua di angkut menggunakan truck aparat kepolisian menuju Kantor Polrestabes Makassar Jalan Jend. Ahmad Yani Kec. Wajo Makassar.

Kr Pasang / Andiz

Pos terkait