Tim JPS Temukan Jejak Sumur Tua dan Sebaran BCB Desa Onto Kecamatan Bontomate’ne

SELAYAR – pantau24jam.com. Sebuah perkampungan kecil dengan populasi pertumbuhan penduduk yang mencapai angka 966 jiwa, Dusun Maulana Desa Onto seluas kurang lebih 6,25 m² yang terletak di wilayah administratif Kecamatan Bontomate’ne Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Ternyata menyimpan banyak catatan sejarah dan budaya. Hal tersebut dibuktikan, lewat temuan sebaran situs cagar budaya mulai dari bangunan peninggalan tempo doeloe, situs makam tua, sampai sumur tua, seperti halnya yang terlihat di Dusun Maulana.

Selain warisan situs cagar budaya, beberapa bentuk benda cagar budaya sejenis guci dan benda-benda lain juga masih dapat dijumpai di wilayah desa yang dipimpin oleh Andi Mangindana.

“Terima kasih atas kunjungan JPS, kami minta dukungan instansi terkait agar warisan budaya di desa Onto dapat dilestarikan”, ujar Andi Mangindana

Benda-benda cagar budaya dan situs cagar budaya dimaksud, terekam camera dalam penelusuran yang dilakukan oleh tim Jejak Petualang Selayar (JPS) di awal medio bulan Juni 2020.

Andi Fadly Dg. Biritta / Andiz

Pos terkait