Diduga Sarat Korupsi Proyek Drainase Tanpa Papan Informasi Di Sorot LSM TOPAN RI di Buddih, Pademawu

PAMEKASAN – pantau24jam.com. Pengerjaan proyek Drainase di duga tidak sesuai spesifikasi dan sarat tindak korupsi di Dusun Tengah, Desa Buddih, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Jumat, 19/6/2020.

Dinding finishing Drainase yang seharusnya menggunakan batu, tampak sebagian terpasang menggunakan batu bata. Tak hanya itu, adonan campuran pasangan yang seharusnya menggunakan pasir murni diketahui menggunakan campuran tanah urukan dan abu sirtu.

Investigasi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) TOPAN-RI saat pekerjaan berlangsung tidak ditemui papan informasi terkait besaran dana, volume dan sumber dana, sehingga masyarakat tidak mengetahui informasi pekerjaan tersebut, hal ini memunculkan dugaan proyek tersebut tidak sesuai RAB dan Spesifikasi.

Ketua Bidang Pengembangan Pembangunan BUMN dan swasta LSM TOPAN-RI Slamet Riyadi mengatakan, di lokasi pekerjaan ditemukan banyak pelanggaran konstruksi.

“Pertama jelas disini tidak ada papan informasi, hal ini jelas melabrak aturan sebagaimana tertuang dalam Undang-undang No. 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik”, ujar Slamet

Sebagian menggunakan batu bata, seharusnya ini murni menggunakan batu gunung, jelas ini tidak sesuai petunjuk teknis. Semua bukti pekerjaan sudah kami kantongi dan harus diproses hukum.

“Coba lihat, ini jelas sebagian menggunakan batu bata, seharusnya ini murni menggunakan batu gunung, jelas ini tidak sesuai juknisnya, pokoknya semua bukti pekerjaan sudah kami kantongi, kami akan laporkan ini pada pihak berwajib, tunggu saja langkah kami selanjutnya”, tegas Slamet.

Sid / Andiz / Red

Pos terkait