Aliansi Mahasiswa Makassar (MAKAR) Unjuk Rasa Tuntut Biaya Kuliah Gratis Imbas Pandemik Virus Corona

MAKASSAR – pantau24jam.com. Ratusan aktivis yang mengatasnamakan diri Aliansi Mahasiswa Makassar disingkat (MAKAR) berunjuk rasa menuntut keadilan kepada pimpinan perguruan tinggi agar biaya kuliah digratiskan akibat dari imbas pandemik Virus Corona. Senin, 15/6/2020

Para aktivis yang masing-masing mewakili perguruan tinggi diantaranya yakni Stimik Dipanegara, Stimik Akba, PNUP, Univeritas Islam Makassar UIM, Universitas Muslim Indonesia UMI, Universitas Atmajaya, Universitas Hasanuddin Unhas.

Universitas Negeri Makassar UNM, Stiem Bongaya, Universitas Bosowa Unibos, Universitas Fajar, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar dan Universitas Muhammadiyah Makassar.

“Kami menuntut keadilan kepada para pimpinan rektorat sebagai penentu kebijakan agar biaya kuliah digratiskan akibat dari imbas pandemik Virus Corona”, orasi bro Pian dari Unismuh.

“Mana mungkin kami membayar biaya kuliah saat ini sedangkan orang tua kami tidak bekerja seperti biasanya, mereka orang tua kami juga pusing mau dapat uang dari mana biaya anak-anaknya untuk kuliah”, teriak Ian dari UNM.

Sedangkan mahasiswi-mahasiswi lainnya pun berteriak dengan hal yang sama agar pihak kampus dapat melihat kondisi yang sebenarnya, “Bedakan mahasiswa lama dengan mahasiswa baru”, tutur mahasiswi Stimik Dipanegara.

Para aktivis star dari kampus Stimik Dipanegara keliling (rooling) antar perguruan tinggi kemudian membentangkan spanduk bertuliskan “JANGAN BAYAR BIAYA KULIAH Gratiskan Biaya Kuliah Selama Pandemi Corona”.

Pengunjuk rasa juga menyampaikan orasi di bawah fly over Jalan Andi Pangeran Pettarani dan Tol Reformasi serta di depan gedung DPRD Provinsi Sulawesi Selatan.

Gerakan para aktivis mahasiswa makassar tetap menggunakan masker sesuai protokoler kesehatan.

Hingga berita ini dirilis, belum ada jawaban dan tanggapan resmi dari masing-masing pimpinan perguruan tinggi atas permintaan para mahasiswa.

Andiz / Karaeng Pasang

Pos terkait