Penilaian Akhir Tahun (PAT) MI Negeri 1 Jeneponto Di Tengah Pandemi Covid-19, Ini Harapannya

JENEPONTO – pantau24jam.com. Pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tahun Pelajaran 2019/2020 se Kab Jeneponto berdasarkan penyampaian dari Kantor Kementerian Agama Kab. Jeneponto dengan sistem one line maupun secara Portofolio di setiap Madrasah dilingkup Kemenag Jeneponto.

Meski dianjurkan secara one line namun MIN 1 Jeneponto mengunakan sistem potofolio PAT Tahun Ajaran 2019/2010 dengan pertimbangan masih banyak siswa yang belum memiliki HP android, jadwal PAT 8 hingga 13 Juni 2020.

“Pelaksanaan PAT MIN 1 Jeneponto sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dimana pada tahun-tahun sebelumnya pelaksanakan PAT diadakan dalam ruang kelas yang telah disediakan dengan diawasi oleh seorang pengawas ruangan”, ujar Kepala Madrasah MI Negeri 1 Jeneponto H.Muh Ramli. Rabu, 8/6/2020.

Namun kali ini Penilain Akhir Tahun (PAT) Tahun Pelajaran 2019/2020 MIN 1 Jeneponto di tengah pandemi COVID-19, dilaksanakan di rumah masing-masing siswa yang bersangkutan dengan cara membawakan langsung paket soal ke rumah masing-masing setiap siswa.

“Di dalam paket soal tersebut sudah terisi soal dari semua mata pelajaran yang diujikan ke siswa, ini dikarenakan adanya pemberlakuan Social and physical distancing di tengah pandemi COVID-19 yang sedang mewabah di dunia”, jelas Kepala Madrasah MI Negeri 1 Jeneponto H.Muh Ramli.

Pendistribusian Paket soal dipantau secara langsung oleh Kepala MIN 1 Jeneponto dengan cara ikut terjung langsung ke rumah-rumah siswa bersama rombongan para dewan guru yang sedang bertugas mengantarkan paket soal dan juga diawasi langsung oleh Pengawas Madrasah MIN 1 Jeneponto Rohani melalui alikasi Video Call WhatsApp.
                                                 
“Pelaksanaa PAT kali ini juga dibarengi dengan pegujian suhu badan kepada para dewan guru dan juga kepada siswa yang terlanjur datang ke madrasah mengambil paket soal yang disediakan dan juga pembagian masker dan penyemprotan Sanitizer kepada para siswa, baik yang datang langsung ke Madrasah maupun yang telah dikunjungi rumahnya masing-masing demi untuk menjaga dan meminimalisir penularan COVID-19”, beber H. Ramli.

“Dalam Pelaksanaan PAT ini dapat berjalan lancar dan menghasilkan nilai maksimal dari masing-masing siswa dan semangat belajar siswa tetap tinggi meski dalam masa pandemi covid.19 dan mengajak siswa dan orang tua untuk selalu berdo’a semoga covid ini segera lenyap di indonesia menyongsong New Normal atau tatanan baru”, harapnya.

Fahriah / Parmin / Kr Pasang

Pos terkait