Komunitas KPJ ‘Keluarga Pemuda Pemudi Julukanayya’ Desa Barana Terapkan Posko Covid-19 Batas Jeneponto Dan Takalar

JENEPONTO – pantau24jam.com. Patut diteladani, Komunitas Keluarga Pemuda Pemudi Julukanayya yang disingkat (KPJ), berinisatif membuat Posko Covid-19 di perbatasan Kab Jeneponto dan Kab Takalar bertempat di Desa Barana Kab Jeneponto.

Para remaja dan pemuda berasal dari dua dusun yakni Dusun Kalongkong dan Dusun Parang Labbua Desa Barana Kec Bangkala Barat.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah

“Selama adanya posko merekalah yang melakukan penjagaan secara bergantian, memeriksa kendaraan yang akan keluar maupun masuk Desa Barana Kab Jeneponto, Cek suhu Badan dan penyemprotan desinfektan”, ujar Camat Bangkala Barat kepada media ini Rabu, 27/5/2020.

Camat Bangkala Barat bersama Petugas Puskesmas membagikan langsung masker kepada pengendara yang melintas diperbatasan

Wilayah Kec Bangkala Barat berbatasan langsung dengan Kab Takalar yakni dua jalur di Buludoang Desa Tuju, satu jalur di Desa Barana dan Desa Pappalluang menghubungkan Dusun Bonto Parang dan Dusun Bonto Rannu Kabupaten Gowa.

“Mereka berinisiatif, terdorong dari panggilan sosial dan nampak kekompakan mereka sangat mengharukan tanpa mengharap bantuan dari pemerintah, sangat kreatif, mereka bangun sendiri posko Covid-19 dan membuat spanduk serta portal diperbatasan kabupaten Jeneponto dan Kab Takalar. Terang Muh Ali Majid, S.Sos, MM Camat Bangkala Barat.

KPJ saat bertugas di malam hari

Sementara itu, Ketua KPJ “Komunitas Keluarga Pemuda Pemudi Julukanayya” Tri Sutrisno S mengatakan kegiatan yang dilakukannya berdasarkan kesepakatan bersama dari para kawula muda yang tergabung di dalam KPJ.

“Yang kami lakukan ini adalah panggilan jiwa sebagai makhluk sosial, gerakan sosial ini karena peka. Sebagai generasi penerus harapan bangsa tentunya kami tidak ingin jadi penonton harus bertindak untuk kemaslahatan ummat”, terang Tri Sutrisno S.

Hingga saat ini kami tidak membagikan masker karena belum sempat membuatnya, sebagian anggota KPJ juga tergabung di Karang Taruna. Kegiatan selama ini kami memeriksa suhu badan tiap pengendara motor dan mobil baik yang masuk dan keluar desa Barana diperbatasan Jeneponto dan Takalar sekaligus disemprot Desinfektan juga di pantau oleh Babinkamtibmas dan Babinsa.

“Kami bersyukur karena kegiatan KPJ mendapat dukungan dari Camat Bangkala Barat, Kades Barana serta dari Batalyon 726 Tamalatea yang dekat dari Posko Covid-19 perbatasan. Batalyon Infanteri 726/Tamalatea atau Yonif 726/TML adalah sebuah batalyon infanteri Tentara Nasional Indonesia organik Kodam XIV/Hasanuddin di bawah kendali Korem 141/Toddopuli. Tamalatea berarti tidak pernah layu. Semoga semua pihak tetap menjaga kesehatan, agar terhindar dari virus Corona”, pungkas Ketua KPJ “Komunitas Keluarga Pemuda Pemudi Julukanayya” Tri Sutrisno S.

Muh. S. BM / Kr Pasang

Pos terkait