Ustadz Salehuddin Mattawang Khotib Idul Fitri 1441 H Di Masjid Nurul Jannah Malolo

JENEPONTO – pantau24jam.com. Ustadz Salehuddin Mattawang, S.Th.I, M.Ag Pembina Pondok Pesantren An Nuriyah Bonto Cini Jeneponto sebagai Khotib Idul Fitri 1441 H. Sabtu, 24/5/2020 sekira pukul 07.15 Wita.

Berjudul, “Menebar Maaf Dan Membangun Kebersamaan Ditengah Covid-19”, nampak jamaah Idul Fitri sangat antusias menghadiri lebaran dan mendengarkan Khotbah yang disampaikan Khotib.

“Matahari Ramadhan 1441 H telah terbenam, ia bersembuyi di balik tirai malam. Ia membawa seribu sendu sejuta rindu. Hanya bayang merah di ufuk barat yang tinggal sebagai bekas”, ujar Ust. Salehuddin.

“Ombak di laut berkejaran saling mendahului untuk pecah bercerai ke tepi pantai, sesibuk itu pula segerombol burung laut terbang meroket mencari hutan bakau untuk bertengger melepas lelah”, terangnya.

Hewan ternak pada pulang ke kandang, padang gembala lalu sunyi lengang, kecuali bunyi jangkrik berderai memecah kesunyian malam. Alhamdulillah Matahari Ramadhan terbenam, Tetapi ia tidak terbenam sendiri. Ia tenggelam membawa serta dosa-dosa orang yang berpuasa. Tuturnya.

“Mentari 1 Syawal 1441 H telah terbit, Putih berseri awan yang mengaraknya. Seputih busa air di laut. Seputih kerudung ibu-ibu yang mewarnai tempat Shalat Id, seputih wajah di balik kerudung itu. Seputih hati yang dibalik dada, tiada noda dan tiada setitik noktah. Ibarat kertas tabularasa. Sunyi dan suci dari dosa karena habis puasa”, jelasnya

“Pandemi virus corona selalu mengintai kita kapan dan dimanapun kita berada. Tentunya kita amat bersyukur, karna kita masih dapat melaksanakan hari raya ini seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun bagaimanakah dengan saudara-saudara muslim kita yang berada di zona merah di Jakarta, di Pulau Jawa, di Makassar
ataupun wilayah lainnya? bagaimanakah dengan saudara muslim kita yang ada di Italia, Spanyol, Amerika, Inggris, dan negara-negara lainnya?

Allah Swt. mengingatkan dalam al-Quran : “Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah” (QS Adz-Dzariat[51]: 49).

“Alhamdulillah pelaksanaan idul fitri di Malolo berlangsunh aman dan tertib, semua telah berwudhu sebelum sholat Insya Allah virus akan jauh”, imbuh Faisal Kr Nabbi Ketua Pengurus Masjid Nurul Jannah Malolo.

Kr Pasang / Andiz

Pos terkait